Akhir Tahun, Singapura Siap Masuki Fase Tiga Pembukaan Pasca Covid-19

    Fajar Nugraha - 21 Oktober 2020 13:22 WIB
    Akhir Tahun, Singapura Siap Masuki Fase Tiga Pembukaan Pasca Covid-19
    Singapura buka peluang terapkan fase tiga usai pandemi covid-19. Foto: AFP
    Singapura: Singapura kemungkinan akan memasuki fase tiga dari pembukaan kembali pada akhir tahun ini. Namun dengan catatan kasus virus korona (covid-19) di masyarakat tetap rendah.

    Pemerintah Singapura menegaskan, pihaknya saat ini mengintensifkan pengujian dan pelacakan kontak antar pasien positif covid-19.

    Sebagai bagian dari fase tiga, jumlah pertemuan di luar rumah dapat ditingkatkan dari lima menjadi delapan orang. Demikian pula, delapan pengunjung dapat diizinkan mengunjungi rumah, memungkinkan keluarga yang lebih besar untuk berkumpul.

    Selain itu, batas kapasitas di tempat-tempat seperti museum, tempat ibadah, dan resepsi pernikahan dapat ditingkatkan. Beberapa zona bahkan diperbolehkan menampung 50 orang.

    “Tetapi untuk memasuki fase tiga, Singapura harus tetap waspada dan memenuhi beberapa persyaratan utama,” Menteri Pendidikan Lawrence Wong, seperti dikutip dari The Straits Times, Rabu 21 Oktober 2020.

    Wong saat ini menyusun peta jalan negara ke fase terakhir pembukaan kembali di tengah pandemi virus korona.

    “Pertama, warga Singapura masih harus berpegang pada langkah-langkah manajemen yang aman. Termasuk ukuran kelompok kecil, jarak aman, dan melaksanakan tanggung jawab sosial,” tegas Wong.

    “Selanjutnya, pengujian akan dilakukan dalam skala yang lebih besar untuk memungkinkan lebih banyak aktivitas dilanjutkan. Sebagai permulaan, skema percontohan akan melihat orang-orang diuji untuk covid-19 sebelum mereka diizinkan menghadiri acara,” imbuhnya.

    Wong menambahkan,  tes cepat dengan akurasi yang lebih rendah akan digunakan untuk skema ini. Hal tersebut berarti bahwa tindakan pengelolaan yang aman masih diperlukan dan hasil positif palsu dapat terjadi. Program percontohan ini akan disesuaikan dan diperluas jika terbukti berhasil.

    Terakhir, lebih banyak tempat akan mengharuskan orang untuk check-in ke SafeEntry menggunakan aplikasi TraceTogether, dalam upaya memperkuat rezim pelacakan kontak di Singapura.

    “Semua langkah ini akan diterapkan secara progresif, tergantung pada situasi baik di dalam negeri maupun global,” ucap Menteri Kesehatan Gan Kim Yong.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id