ASEAN Covid-19 Response Fund Berhasil Kumpul Dana Hingga Rp109 M

    Fajar Nugraha - 21 Januari 2021 16:10 WIB
    ASEAN Covid-19 Response Fund Berhasil Kumpul Dana Hingga Rp109 M
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto:Kemenlu RI)


    Jakarta: Tahun ini merupakan tahun Keketuaan Brunei Darussalam di ASEAN, dengan mengusung tema “We Care, We Prepare, We Prosper”. Indonesia pun telah menyampaikan dukungan penuh atas keketuaan Brunei Darussalam di ASEAN.

    Isu utama yang dibahas adalah menyatukan upaya ASEAN dalam menanggulangi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi.


    "Melanjutkan tradisi yang selama ini saya lakukan, kemarin saya telah lakukan pertemuan secara virtual dengan Menlu Brunei, Dato Erywan Pehin Yusof untuk bertukar pikiran mengenai prioritas keketuaan Brunei tahun ini dan beberapa isu ASEAN lain," ujar Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Kamis 21 Januari 2021.   

    Sementara Pertemuan Retreat Menlu ASEAN tadi dipimpin oleh Dato Erywan Pehin Yusof dan dihadiri oleh para Menlu Negara anggota ASEAN dan Sekjen ASEAN. Dalam pertemuan para Menlu ASEAN membahas sejumlah agenda.

    Salah satunya adalah tindak Lanjut Hasil KTT ke-37 ASEAN dan KTT Terkait Lainnya pada November 2020, seperti hubungan eksternal ASEAN, prioritas pada Keketuaan Brunei Darussalam, serta Perkembangan isu kawasan maupun internasional.

    Mengawali keketuaannya, Menlu Brunei Darussalam juga menyampaikan prioritas keketuaannya antara lain, inisiatif dan strategi holistik untuk menggabungkan berbagai upaya tanggap darurat dan bencana di ASEAN yang sudah dibentuk, dengan mengedepankan pendekatan yang terkoordinasi, implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework, sebagai upaya pemulihan kawasan termasuk melalui operasionalisasi ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework dan pemanfaatan ASEAN covid-19 Response Fund, pembentukan High-Level Task Force dalam penyusunan Visi ASEAN pasca 2025, serta isu-isu lintas pilar ASEAN seperti pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, keamanan maritim, cybersecurity, bencana alam, e- commerce, mental health issues dan pengembangan ekonomi berkelanjutan.

    Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Dato Lim Jock Hoi turut menyampaikan beberapa paparan. 

    "Pertama, ASEAN Covid-19 Response Fund telah menerima total pledge mencapai hampir USD13,6 juta. Kedua, Perkembangan implementasi dari ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF)," sebut Menlu.

    Menlu perempuan pertama Indonesia ini juga menjelaskan ada dua elemen utama dari ACRF. Pertama adalah ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework untuk memfasilitasi pembukaan kembali ekonomi dan untuk membantu mendorong pemulihan. Sekjen ASEAN mengusulkan pembentukan Ad Hoc Task Force dan telah menyusun Non-Paper mengenai ATCRF. 

    Kemudian kedua adalah pengembangan Strategi Konsolidasi pada Revolusi Industri Keempat (4IR). Pendekatan terhadap 4IR perlu menjadi strategi komunitas yang luas, yang tidak hanya berurusan dengan dimensi ekonomi, tetapi juga memasukkan elemen keamanan dan pemerintahan, serta transformasi sosial dan implikasinya.

    "Ketiga, Sekjen Hoi juga menyampaikan bahwa implementasi Preliminary Needs Assessment (PNA) sedang berlangsung. Dua dari empat proyek prioritas telah memasuki tahap pelaksanaan sementara dua proyek lainnya masih dalam pembahasan," tutur menlu.

    Proposal proyek tambahan yang mencakup berbagai bidang, termasuk infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, dan peternakan, juga sedang ditindaklanjuti oleh Ad Hoc Support Team dari Sekretariat ASEAN dan Pemerintah Myanmar.

    Menlu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh negara ASEAN yang telah ucapkan bela sungkawa dan solidaritas atas berbagai musibah dan bencana alam yang terjadi baru-baru ini di Indonesia.

    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id