Filipina Perpanjang Masa Darurat Covid-19 Hingga 2021

    Marcheilla Ariesta - 22 September 2020 19:36 WIB
    Filipina Perpanjang Masa Darurat Covid-19 Hingga 2021
    Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto: AFP.
    Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte memutuskan untuk memperpanjang masa darurat virus korona (covid-19) hingga tahun depan. Menurutnya, hal tersebut dilakukan supaya pemerintah dapat menarik anggaran darurat lebih cepat untuk memerangi pandemi covid-19.

    Duterte menambahkan, dengan status itu, pemerintah Filipina dapat memanfaatkan polisi dan militer untuk menegakkan protokol kesehatan di tengah masyarakat,

    Dalam sebuah wawancara dengan televisi lokal, Duterte mengecam para kritikus yang sering menuding pemerintahannya tidak benar dalam menangani pandemi di Filipina.

    "Apa 'cukup' yang Anda inginkan? Ada rumah sakit, tempat tidur dan rumah duka. Semuanya ada di sana, " kata Duterte dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 22 September 2020.

    Pernyataannya menyindir Wakil Presiden Leni Robredo, yang merupakan pemimpin oposisi Filipina.

    "Jika kamu benar-benar ingin membasmi covid-19, mari kita semprot Filipina atau Manila dengan pestisida. Namun, satu-satunya yang bisa kita lakukan, sungguh, adalah memakai masker wajah dan menunggu vaksinnya," seru Duterte.

    Status darurat ini akan berlangsung hingga 2021 di Filipina. Selama itu, pemerintah juga bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok, seperti beras dan minyak goreng.

    Filipina merupakan negara dengan kasus infeksi covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Per hari ini, total infeksi di sana telah tembus 290 ribu kasus.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id