Longsor Landa Nepal, 18 Orang Tewas 21 Hilang

    Willy Haryono - 16 Agustus 2020 12:12 WIB
    Longsor Landa Nepal, 18 Orang Tewas 21 Hilang
    Tanah longsor sering terjadi di wilayah pegunungan Nepal. (Foto: AFP)
    Sindhupalchowk: Musibah tanah longsor berskala masif di Nepal bagian pusat menewaskan sedikitnya 18 orang dan membuat 21 lainnya masih dinyatakan hilang. Longsor terjadi di wilayah Jugal, distrik Sindhupalchok, pada Jumat kemarin.

    Insiden terjadi di pagi hari. Material longsor menimpa dan merusak 37 dari sekitar 137 rumah di desa Lidi. Dari 18 korban tewas, 11 di antaranya adalah anak-anak.

    Pencarian korban hilang berlanjut hingga hari ini, Minggu 16 Agustus 2020. Tim pencari gabungan terdiri dari jajaran polisi, tentara, dan juga warga.

    Otoritas Sindhupalchok telah mengevakuasi warga sekitar ke lokasi aman. "Bukit di dekat lokasi kejadian juga rentan longsor, dan ada 25 rumah di bawahnya," kata Inspektur Polisi Prajwol Maharjan dari Kepolisian Sindhupalchok.

    "Karena adanya risiko tanah longsor, kami telah merelokasi warga ke tempat aman. Mereka akan tinggal sementara di tenda penampungan," sambungnya, dikutip dari laman The Straits Times.

    Desa Lidi merupakan satu dari sejumlah permukiman yang diidentifikasi Pemerintah Nepal sebagai zona rawan tanah longsor. Menurut Otoritas Rekonstruksi Nasional Nepal, desa tersebut membutuhkan perlindungan, namun tidak butuh direlokasi.

    Saat ini terdapat 327 permukiman warga di seantero Nepal yang membutuhkan perlindungan dari risiko tanah longsor.

    Setelah melakukan studi geografi, otoritas Nepal membagi permukiman warga di zona bencana dalam tiga kategori: aman, membutuhkan perlindungan, dan relokasi.

    "Jika langkah-langkah pencegahan sudah dilakukan untuk melindungi desa tersebut, seharusnya tragedi ini dapat dihindari," sebut Gopal Prasad Aryal, juru bicara Otoritas Rekonstruksi Nasional Nepal kepada media Xinhua.

    Sementara itu, polisi mengatakan pemerintah daerah Sindhupalchok telah menulis surat ke pemerintah pusat Nepal untuk merelokasi keseluruhan desa Lidi usai terjadinya insiden.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id