comscore

Filipina dan AS Siapkan Latihan Militer Gabungan

Willy Haryono - 12 April 2021 16:05 WIB
Filipina dan AS Siapkan Latihan Militer Gabungan
Prajurit AS berada di atas kapal perang dalam latihan militer gabungan dengan Filipina di perairan dekat Manila pada 17 Oktober 2006. (STR/AFP)
Manila: Angkatan bersenjata Filipina akan menggelar latihan militer gabungan dengan ratusan prajurit Amerika Serikat selama dua pekan ke depan. Kabar disampaikan kepala militer Filipina pada Minggu, 11 April, di tengah ketegangan negara tersebut dengan Tiongkok terkait Laut China Selatan.

Pada 2020, latihan militer gabungan Filipina dan AS dibatalkan karena kemunculan pandemi Covid-19. Acara digeser hingga tahun ini, namun akan digelar dalam skala yang jauh lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya.
Sekitar 700 prajurit AS dan 1.300 personel militer Filipina akan ikut serta dalam latihan gabungan ini.

"Latihan tahun ini bersifat hibrida, yakni meliputi aktivitas fisik dan virtual," kata Letnan Jendera Cirilito Sobejana kepada kantor berita AFP dan dilansir oleh The Straits Times pada Senin, 12 April 2021.

Kedutaan Besar AS di Manila belum berkomentar mengenai rencana latihan gabungan dengan Filipina.

Pengumuman Letjen Cirilito disampaikan beberapa jam usai berlangsungnya sambungan telepon antara Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menhan Filipina Delfin Lorenzana.

Kedua menhan "mendiskusikan situasi di Laut China Selatan, termasuk mengenai meningkatnya jumlah kapal Tiongkok di Whitsun Reef," ujar pernyataan tertulis dari Kemenhan AS atau Pentagon.

Untuk memperdalam kerja sama pertahanan dengan Filipina, Austin mengusulkan "peningkatan kewaspadaan situasional mengenai ancaman di Laut China Selatan."

Ketegangan di Laut China Selatan meningkat usai ratusan kapal Tiongkok bulan lalu terdeteksi di Whitsun Reef, area di gugus Kepulauan Spratly yang diklaim sejumlah negara, termasuk Tiongkok dan Filipina.

Baca:  AS Peringatkan Tiongkok Tahan Diri di Laut China Selatan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id