RI Harap Selandia Baru Bantu Pelajar ASEAN Terdampak Pandemi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 10 September 2020 18:26 WIB
    RI Harap Selandia Baru Bantu Pelajar ASEAN Terdampak Pandemi Covid-19
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Dok. Kemenlu RI.
    Jakarta: Selandia Baru diketahui sebagai salah satu negara yang berhasil menekan angka pertumbuhan virus korona dengan cepat. Dalam pertemuan para menteri luar negeri ASEAN-Selandia Baru secara virtual, Menlu Retno Marsudi menyampaikan dua pesan utama.

    "Indonesia mengharapkan bantuan Selandia Baru untuk membantu para pelajar ASEAN yang terdampak langsung covid-19 di Selandia Baru," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 10 September 2020.

    Selain itu, Indonesia juga mengatakan penting bagi ASEAN dan Selandia Baru bekerja sama untuk mengupayakan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di Indo-Pasifik. Pernyataan ini disampaikan di tengah rivalitas negara-negara adikuasa di berbagai belahan dunia, termasuk kawasan Asia dan Pasifik.

    "Rivalitas di kawasan, Indonesia sampaikan berpotensi berdampak pada meningkatnya tension distress," ujar Retno.

    "Dan berkaitan dengan hal itu, Indonesia menyampaikan pentingnya Selandia Baru memainkan peran penting dalam mendorong nilai-nilai kerja sama, saling menghargai, saling percaya di kawasan," imbuh dia.

    Terkait dengan tindak lanjut ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tahun lalu, Indonesia juga meminta Selandia Baru menjadi jembatan dalam menghubungkan ASEAN dengan negara-negara di kawasan Pasifik.

    Dalam pertemuan virtual tersebut, disahkan rencana aksi baru untuk implementasi Kemitraan Strategis ASEAN-Selandia Baru 2021-2025. Beberapa isu penting tercakup dalam rencana aksi tersebut, antara lain, kejahatan lintas batas, penanggulangan terorisme, ekonomi, digital, keamanan siber, hingga energi terbarukan.(WAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id