Lakukan Pelanggaran Imigrasi, 503 WNI Dipulangkan dari Malaysia

    Fajar Nugraha - 27 Oktober 2020 05:56 WIB
    Lakukan Pelanggaran Imigrasi, 503 WNI Dipulangkan dari Malaysia
    Masih banyak WNI yang melakukan pelanggaran imigrasi di Malaysia. Foto: Dok.Kemenlu RI
    Jakarta: Warga Negara Indonesia (WNI) kerap kali terlibat dengan pelanggaran imigrasi di Malaysia. Ini terlihat dari adanya 503 WNI baru dipulangkan dari Malaysia.

    Pada 26 Oktober 2020 Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah telah memfasilitasi kepulangan 503 WNI dari berbagai detensi imigrasi di Malaysia.

    “Kepulangan para WNI tersebut dilakukan melalui jalur udara dari Kuala Lumpur menuju tiga titik debarkasi di Indonesia secara serempak. Masing-masing menuju Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda dan Bandara Kuala Namu,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Judha Nugraha, dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Selasa 27 Oktober 2020.

    “Percepatan pemulangan para WNI ini menjadi prioritas utama karena selama ini proses pemulangan terhambat akibat pandemi covid-19. Seluruh WNI telah menjalani protokol kesehatan secara ketat antara melalui tes PCR sebelum keberangkatan,” imbuhnya.

    Program ini merupakan realiasi kerja sama antara Indonesia dan Malaysia yang telah memulangkan para WNI dalam beberapa gelombang. Total telah dipulangkan sebanyak 1.897 WNI sejak Juni 2020.

    Sejak covid-19 mewabah di Malaysia, WNI banyak yang dipulangkan. Pada April lalu 17 WNI juga dipulangkan saat Malaysia hendak menerapkan pembatasan gerak di masa covid-19.

    Utamanyanya WNI yang dipulangkan dari Malaysia ini adalah orang yang rentan. KBRI dan KJRI pun aktif membantu penyelesaian kasus dan memfasilitasi pemulangan mereka.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id