Bahas Konflik Myanmar, Jakarta Bakal Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN

    Sri Yanti Nainggolan - 07 April 2021 14:20 WIB
    Bahas Konflik Myanmar, Jakarta Bakal Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN
    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. (Medcom.id)



    Jakarta: Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) akan menggelar pertemuan tingkat tinggi darurat untuk membahas masalah Myanmar. Jakarta kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah. 

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkam hal tersebut. Ia mengatakan kemungkinan besar akan dilakukan di Jakarta untuk memanfaatkan ASEAN Sekretariat.






    "Untuk tanggalnya belum tahu, tapi InsyaAllah April ini dilaksanakan," kata Faizasyah kepada Medcom.id, Rabu, 7 April 2021.

    Penunjukan tersebut berkaca pada Gedung Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Jadi, pertemuan regional tersebut berpeluang besar dilakukan di Gedung ASEAN di Jakarta.

    Pembahasan mengenai Myanmar ini diusulkan oleh Indonesia. Tepatnya, saat Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, pada 5 Februari 2021.
     
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kemudian menyampaikan usul tersebut kepada Ketua ASEAN 2021, Brunei Darussalam, yang disambut baik. 
     
    Situasi di Myanmar saat ini juga tidak kunjung membaik. Korban tewas akibat kekerasan polisi terhadap pedemo antikudeta juga terus bertambah.
     
    Saat ini, korban tewas dilaporkan sebanyak 570 orang. Sementara itu, masyarakat mulai menggunakan media sosial sebagai tempat untuk membangkang terhadap militer. Media sosial dinilai jauh lebih aman untuk melakukan perlawanan.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id