comscore

AAYG Harap Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN

Marcheilla Ariesta - 27 Mei 2022 12:08 WIB
AAYG Harap Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN
Presiden Asian African Youth Government (AAYG) Saddam al-Jihad (kanan) bersama wakil dari Timor Leste. Foto: AAYG
Jakarta: Semakin banyak yang berharap Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN. Presiden Asian African Youth Government (AAYG) Saddam al-Jihad juga turut mendorong ASEAN menyepakati dan mengesahkan Timor Leste menjadi anggota penuh.

Menurutnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara mesti terbuka dan berpegang teguh pada semangat didirikannya ASEAN, yakni 8 Agustus 1967, yang tidak lepas dari mewujudkan kepentingan bersama semua negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Timor Leste.
"Timor Leste bagian dari regional Asia Tenggara sudah sepantasnya mendapatkan status anggota penuh ASEAN, bukan hanya sebatas observer. Tidak ada alasan menolak Timor Leste, apalagi mengingat sejarah dibentuknya ASEAN sejak 55 tahun yang lalu" tuturnya dalam keterangan tertulis AAYG, Jumat, 27 Mei 2022.

Timor Leste resmi merdeka 20 Mei 2002, mereka menjadi observer di ASEAN di tahun itu juga. Sudah sejak 2011 Timor Leste mengajukan diri menjadi anggota penuh ASEAN.

Karenanya, Saddam mengungkapkan keberatannya soal Timor Leste belum resmi masuk ASEAN, hanya karena alasan ekonomi dan sumber daya manusia.

"Sangat tidak wajar jika karena persoalan ekonomi dan SDM. Semestinya negara-negara di kawasan Asia Tenggara bisa saling membantu, termasuk menerima Timor Leste bagian dari ASEAN. Jangan sampai ada anggota kawasan yang terkesampingkan ataupun terdeskriditkan, dan itu juga bertolak belakang dengan tujuan dari ASEAN," serunya.

Saddam berharap di KTT ASEAN selanjutnya, Timor Leste sudah disahkan menjadi anggota penuh dan kedepannya tidak bergantung dengan negara lain, termasuk lepas kendaali dibawah Australia.

"Sebagai masyarakat ASEAN, kita berharap Timor Leste bisa lebih berkembang setelah bergabung dengan ASEAN, dan tidak dependen lagi dengan negara-negara yang berkontribusi pada kemerdekaan Timor Leste. Juga sejarah Timor Leste dan Indonesia perlu dilupakan. Terpinting adalah menatap ASEAN yang maju" ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Timor Leste di AAYG  dan best diplomats Model United Nation (MUN) Principe Lasco mengungkapkan, kedepannya AAYG siap berkolaborasi dengan pemerintah Timor Leste, termasuk bagaimana agar Timur Leste menjadi anggota tetap ASEAN.

"Kami dari AAYG akan membangun kerjasama yang progresif dengan pemerintah Timur Leste, dan berharap ada pertemuan dengan pemerintah Timor Leste untuk membahas langkah-langkah strategis kedepannya," tegasnya.

Adapun tujuan dibentuknya ASEAN yaitu, pertama mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara. Kedua, memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.

Ketiga, meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi. Keempat, saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.

Kelima, bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.

Keenam, meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara. Dan terakhir, memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id