Hubungan Indonesia-Tiongkok Justru Menguat di Tengah Pandemi

    MetroTV - 11 November 2020 12:03 WIB
    Hubungan Indonesia-Tiongkok Justru Menguat di Tengah Pandemi
    Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian. (Foto: Kedubes Tiongkok di Jakarta)
    Jakarta: Indonesia dan Tiongkok terus menjalin hubungan kerja sama erat dari waktu ke waktu, termasuk di tengah pandemi virus korona (covid-19). Hubungan kedua negara ini tidak pernah terhenti, malah justru meningkat saat covid-19 menyebar ke seluruh dunia.

    "Di tengah pandemi, hubungan Indonesia-Tiongkok bukan saja tidak terhenti apalagi mengalami kemunduran, malah sebaliknya justru mencapai perkembangan baru," ujar Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian dalam wawancara bersama Metro Xinwen di awal November.

    Salah satu bentuk kuatnya kerja sama Indonesia-Tiongkok terlihat dari pertukaran tingkat tinggi. Sejak pandemi covid-19 merebak pada awal 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo telah tiga kali berbicara melalui telepon.

    "Hal itu jarang terjadi dengan pemimpin negara lain atau antar petinggi pemerintahan," kata Dubes Xiao.

    Komunikasi intens antara Presiden Jokowi dan Xi memungkinkan kedua belah pihak mencapai banyak kesepakatan penting di tingkat tertinggi. Oleh karena itu, perkembangan hubungan kedua negara turut menentukan arah dalam kerja sama melawan pandemi dan upaya mencapai pemulihan ekonomi.

    Aspek kedua adalah perluasan kerja sama pragmatis yang berkelanjutan. Di tengah resesi ekonomi dan kontraksi tajam perdagangan global, kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok-Indonesia telah mempertahankan pertumbuhan melawan tren dan terus berkembang. Selain itu, One Belt One Road dan strategi maritim global kedua negara juga terus mengalami kemajuan secara stabil, antara lain seperti proyek rel kereta cepat Jakarta-Bandung dan koridor ekonomi komprehensif regional.

    "Ketiga, kami terus melakukan kerja sama yang erat dalam upaya menanggulangi pandemi, yang terpenting adalah vaksin. Saat ini perusahaan asal kedua negara tengah melakukan kerja sama substansial seputar vaksin," tutur Dubes Xiao.

    Baca:  Tiongkok-Indonesia Siap Bangun Ekonomi Pascacovid-19

    Kerja sama vaksin antara Indonesia dan Tiongkok terlihat dari berjalannya uji klinis vaksin buatan perusahaan Sinovac. Selasa kemarin, perusahaan Bio Farma mengatakan, uji klinis vaksin Sinovac di Indonesia berjalan baik.

    Melalui kerja sama vaksin, Tiongkok optimistis Indonesia akan mampu mengatasi masalah pandemi dan dapat mulai memulihkan perekonomian negara.

    "Presiden Xi Jinping juga secara khusus mengatakan bahwa kita harus jeli melihat peluang baru saat krisis dan menciptakan situasi baru di tengah perubahan. Selama krisis pandemi ini, Tiongkok dan Indonesia mampu menangkap peluang dan meningkatkan kepercayaan politik," ungkap Dubes Xiao.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id