comscore

Menlu Retno Dipastikan Hadir Secara Fisik dalam ASEAN Ministerial Retreat

Marcheilla Ariesta - 03 Februari 2022 18:37 WIB
Menlu Retno Dipastikan Hadir Secara Fisik dalam ASEAN Ministerial Retreat
Menlu Retno Marsudi dipastikan hadir di ASEAN Ministerial Retreat di Kamboja./AFP
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan hadir secara fisik dalam pertemuan ASEAN Ministerial Retreat. Pertemuan ini rencananya dilaksanakan pada pertengahan bulan ini.

"Kita konfirmasi bahwa Ibu Menteri dijadwalkan untuk hadir in person (fisik) dalam pertemuan ASEAN Ministerial Retreat," kata Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan (BDSP) Kementerian Luar Negeri RI, Achmad Rizal Purnama di Jakarta, Kamis, 3 Februari 2022.
ASEAN Retreat mendatang akan dilakukan di Kamboja. Phnom Penh menjabat sebagai ketua ASEAN 2022.

Pertemuan ini awalnya dijadwalkan pada Januari, namun karena banyak yang berhalangan hadir, maka diundur menjadi Februari ini.

Kamboja mengumumkan pelaksanaannya akan terjadi pada 16-17 Februari 2022. Kementerian Luar Negeri Kamboja mengatakan telah mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar untuk menghadiri pertemuan ini.

Baca juga: Setahun Kudeta Myanmar, ASEAN Terus Desak Pelaksanaan 5 Poin Konsensus

"Hal ini disebabkan tidak adanya kemajuan dalam rencana perdamaian ASEAN," ucap juru bicara Kemenlu Kamboja, Chum Sounry.

"Sementara itu, kami mendorong Myanmar untuk diwakili di retreat oleh tingkat non-politik daripada membiarkan kursi kosong," lanjut dia.

Tahun lalu ASEAN membuat kejutan dengan melarang junta menghadiri pertemuan penting. Langkah ini diambil ASEAN karena gagalnya Myanmar menghormati konsensus perdamaian yang telah disepakati blok tersebut April tahun lalu.
 
Namun perpecahan atas masalah ini terus berlanjut dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen bertemu dengan pemimpin militer Min Aung Hlaing di Myanmar pada 7 Januari, sebuah perjalanan yang membuat beberapa tetangga regional khawatir hal itu dapat ditafsirkan sebagai dukungan junta.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id