Di Pertemuan ASEAN-Tiongkok, Menlu Malaysia akan Bahas Covid-19 hingga LCS

    Marcheilla Ariesta - 05 Juni 2021 14:46 WIB
    Di Pertemuan ASEAN-Tiongkok, Menlu Malaysia akan Bahas Covid-19 hingga LCS
    Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein. (Roslan RAHMAN / AFP)



    Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein, akan hadir dalam Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri Tiongkok-ASEAN di Chongqing, Tiongkok. Pertemuan akan digelar pada 7 Juni mendatang.

    "Pertemuan ini atas undangan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, untuk merayakan 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-Tiongkok," kata Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu, 5 Juni 2021.

     



    Mereka menambahkan, semua menlu ASEAN dan Wang Yi dan juga sekretaris jenderal ASEAN akan hadir dalam pertemuan tersebut.

    Selama pertemuan tersebut, para menlu ASEAN dan Tiongkok akan bertukar pandangan dan memperluas kerja sama. Ini termasuk mencari kesepakatan kerja sama pandemi covid-19 yang kemungkinan besar akan menjadi perhatian utama.

    Selain itu, Hishammuddin juga akan menggelar pertemuan bilateral dengan Wang Yi di sela kegiatan ini. "Kedua menteri diperkirakan akan memperluas inisiatif baru yang lebih substantif dan kemitraan dinamis antara Malaysia dan Tiongkok," imbuh mereka.

    Fokus isu yang dibahas termasuk kerja sama vaksin covid-19, pengembangan infrastruktur, keuangan, ekonomi digital, produksi makanan, dan agrikultur berteknologi tinggi.

    Keduanya juga akan bertukar pikiran dalam isu regional dan internasional yang menjadi perhatian, termasuk masalah Laut China Selatan.

    "Pada 3 Juni 2021, Kemenlu Malaysia memanggil Duta Besar Tiongkok, dan menyerahkan nota protes Malaysia sebagai respons insiden jet Malaysia di pesisir pantai Sarawak," terang mereka.

    Kedua menteri juga akan membahas jalan terbaik ke depannya agar insiden serupa tak terjadi lagi di masa depan demi kestabilan dan perdamaian di kawasan. Juga untuk menghindari salah paham atau konsekuensi lainnya.

    Baca:  Gerak Cepat Jet Tempur Malaysia Hadang Pesawat Militer Tiongkok


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id