comscore

Bangun Ketangguhan Bangsa Pasca Covid-19, RI Jadi Tuan Rumah GPDRR 2022

Marcheilla Ariesta - 22 April 2022 17:30 WIB
Bangun Ketangguhan Bangsa Pasca Covid-19, RI Jadi Tuan Rumah GPDRR 2022
Jumpa pers virtual persiapan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022./BNPB
Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. Forum ini digagas oleh Badan PBB Pengurangan Risiko Bencana atau United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR).

"Indonesia menjadikan momen GPDRR sebagai upaya membangun ketangguhan bangsa serta pemulihan covid-19," tutur Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam jumpa pers virtual, Jumat, 22 April 2022.
Ia menambahkan, pemerintah Indonesia mengusulkan lahirnya Deklarasi Bali untuk memperkuat kemitraan menuju ketahanan berkelanjutan. Dalam kegiatan ini, Indonesia akan membagikan pengalaman dan praktik dalam penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana dalam membangun resiliensi bangsa.

Saat ini, kata Jati, Indonesia memiliki perencanaan jangka panjang dalam upaya pengurangan resiko bencana, yakni Rencana Induk Penanggulangan Bencana (RIPB) 2020-2045.

"Artinya, ini menjadi upaya membangun resiliensi bangsa sampai 2045 Indonesia Emas," sambung dia.

Ada lima isi dari sistainable resiliensi antara lain, penguatan integrasi kebijakan dan strategi pengurangan resiko bencana hingga ke tingkat global, kolaborasi pentahelix membangun ketangguhan yang berkelanjutan, penguatan perencanaan dan penganggaran pengurangan risiko.

Baca juga: DPR Sepakat Hentikan Pembahasan RUU Penanggulangan Bencana

"Selain itu ada inklusivitas semua pihak untuk berperan dalam membangun ketanguhan, serta inovasi dan teknologi pengurangan resiko bencna, khususnya untuk yang berada di negara maritim dan pulau kecil," serunya.

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di Bali pada 23-28 Mei 2022. Jati mengucapkan terima kasih kepada UNDRR yang telah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah, dan Gubernur Bali I Wayan Koster karena mau menjadi lokasi GPDRR ini dilakukan.

Dalam pernyataannya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan GPDRR dan telah mengagendakan kehadirannya pada Opening Ceremony GPDRR 2022 25 Mei 2022 mendatang. 

Menurutnya, GPDRR sangat penting bagi Indonesia yang berada pada wilayah cincin api. Pasalnya, banyak pengalaman dilalui sebagai pembelajaran untuk membangun ketahanan secara kolaboratif yang dapat dibagikan pada rangkaian kegiatan GPDRR nanti. 

"Kami mendorong komitmen Ketahanan Berkelanjutan untuk dapat dikembangkan pada masyarakat pada tingkat global," jelasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id