comscore

Populer Internasional: Pidato Tahunan Menlu Bahas Afghanistan hingga Warga Palestina Dibunuh

Fajar Nugraha - 07 Januari 2022 08:01 WIB
Populer Internasional: Pidato Tahunan Menlu Bahas Afghanistan hingga Warga Palestina Dibunuh
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022. Foto: Layar Tangkap YouTube Kemenlu RI
Jakarta: Posisi Indonesia selalu konsisten untuk melihat Afghanistan yang damai, stabil dan sejahtera. Karenanya, Indonesia mendorong agar Taliban memenuhi janji yang mereka sampaikan pada 16 Agustus 2021 lalu.

Pernyataan Pers Tahunan Menlu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom diikuti dengan kasus dua warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel.
Kemudian ditambah dengan Indonesia jadi negara ketujuh terbesar yang sumbangkan pasukan perdamaian PBB. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Di 2022, RI Fokus Bantu Pendidikan Perempuan dan Anak Afghanistan

Posisi Indonesia selalu konsisten untuk melihat Afghanistan yang damai, stabil dan sejahtera. Karenanya, Indonesia mendorong agar Taliban memenuhi janji yang mereka sampaikan pada 16 Agustus 2021 lalu.
 
Pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengenai Afghanistan di akhir tahun lalu menjadi bentuk kepedulian RI terhadap negara itu. Pasalnya, Indonesia termasuk inisiator pelaksanaan pertemuan tersebut.
 
"Atas dorongan Indonesia, sebuah roadmap pemenuhan komitmen Taliban dimasukkan dalam Resolusi OKI tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM), Kamis, 6 Januari 2022.

Retno menambahkan, Indonesia juga terus berkomitmen untuk berkontribusi di bidang kemanusiaan. Sebanyak dua pesawat dari Indonesia akan segera tiba di Afghanistan membawa bantuan makanan dan nutrisi bagi rakyat Afghanistan.
 
Seperti apa fokus Indonesia di Afghanistan? Selanjutnya di sini.

2. Ditembak dan Dilindas, Dua Warga Palestina Tewas di Tangan Israel

Sebanyak dua warga Palestina tewas di tangan Israel dalam dua insiden terpisah. Mereka menjadi korban warga Palestina pertama di 2022.
 

 
Bakir Hashash, ditembak mati oleh pasukan Israel di dekat kamp pengungsi Balata. Sementara Mustafa Falaneh, dilaporkan dilindas oleh seorang pemukim Yahudi di barat Ramallah.
 
Hashash yang berusia 21 tahun ditembak mati oleh tentara Israel di pintu masuk kamp pengungsi Balata, dekat Nablus. Sementara Falaneh tewas dan seorang pria lainnya dilaporkan dilindas oleh seorang pemukim di barat Ramallah.

Apa yang dilakukan oleh dua warga Palestina itu? Simak di sini.

3. Indonesia Jadi Negara ke-7 Terbesar yang Sumbangkan Pasukan Perdamaian PBB

Indonesia masih terus aktif berpartisipasi dalam misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di dunia. Indonesia terus mengirimkan personel pemeliharaan perdamaian PBB ke delapan misi yang tersebar di seluruh dunia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, peringkat Indonesia sebagai negara penyumbang pasukan penjaga perdamaian PBB naik.
 
Saat ini, lebih dari 2.800 personel Indonesia bertugas di delapan misi perdamaian PBB," ucap Retno dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) di Jakarta, Kamis, 6 Januari 2022.

Seberapa besar pasukan Indonesia di PBB? Simak tautan ini.

(FJR)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id