Filipina Kembali Perpanjang Lockdown Parsial di Manila

    Willy Haryono - 27 Februari 2021 19:34 WIB
    Filipina Kembali Perpanjang Lockdown Parsial di Manila
    Polisi bersiaga di salah satu ruas jalan di kota Manila, Filipina pada malam Natal, 24 Desember 2020. (Ted ALJIBE/AFP)



    Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperpanjang penguncian (lockdown) parsial di wilayah ibu kota Manila hingga akhir Maret mendatang. Perpanjangan dilakukan saat Filipina menanti kedatangan vaksin Covid-19.

    Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu, 27 Februari 2021, juru bicara Duterte, Harry Roque, mengatakan bahwa keputusan perpanjangan lockdown diambil usai pihaknya menerima laporan tambahan 2.651 infeksi Covid-19. Angka harian tersebut merupakan yang tertinggi di Filipina sejak lebih dari empat bulan terakhir.






    Dilansir dari VNA, Filipina akan menjadi negara terakhir di kawasan yang menerima vaksin Covid-19 pada 28 Februari besok. Pasokan vaksin yang akan datang ke Filipina adalah produk buatan Sinovac sebanyak 600 ribu dosis.

    Vaksin Sinovac tersebut akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan personel militer Filipina. Di kawasan Asia Tenggara, Filipina adalah negara kedua terbesar dalam jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19.

    Sementara itu di Kamboja, Kementerian Kesehatan mengumumkan pembentukan komite keamanan untuk mengawasi semua fasilitas karantina di seantero negeri. Hingga Sabtu ini, total infeksi Covid-19 di Kamboja mencapai 767 berdasarkan data dari Johns Hopkins University.

    Sebelumnya, Filipina berencana mengirim ribuan tenaga kesehatan mereka untuk bekerja di Inggris dan Jerman. Namun syaratnya, pengiriman nakes ke dua negara tersebut harus ditukar dengan vaksin Covid-19. 

    Pemerintah Filipina sudah melonggarkan larangan untuk mengirim tenaga kesehatannya ke luar negeri. Namun, mereka masih membatasi jumlahnya menjadi hanya 5 ribu petugas per tahun.

    Filipina menargetkan menerima total 148 juta dosis vaksin. Angka tersebut dinilai cukup untuk memvaksinasi dua pertiga dari 108 juta penduduknya.

    Baca:  Filipina Bersedia Barter Perawat dengan Vaksin Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id