Diculik di Gabon, Tiga ABK WNI Dibebaskan Perompak

    Fajar Nugraha - 09 Juni 2020 16:24 WIB
    Diculik di Gabon, Tiga ABK WNI Dibebaskan Perompak
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Abuja: Sebanyak tiga anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya diculik perompak di lepas pantai Gabon, dibebaskan di Nigeria. Mereka sudah diculik selama lebih dari satu bulan.

    Tiga ABK WNI merupakan awak dari kapal penangkap ikan Korea Selatan (Korsel). Mereka diculik bersama seorang warga Korsel dan dua orang warga Senegal.

    “Seorang warga Korea Selatan berusia 50-an, dua orang Senegal, dan tiga orang Indonesia dibebaskan di Nigeria selatan pada Senin 8 Juni 2020,” kata Kementerian Luar Negeri  Korsel dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Selasa 9 Juni 2020.

    “Mereka dipindahkan ke misi diplomatik negara masing-masing,” katanya.

    Keenamnya diculik oleh bajak laut tak dikenal pada awal Mei. Para anak buah kapal itu ditangkap dari dua kapal penangkap ikan di dekat Libreville.

    Itu adalah serangan bajak laut kedua di lepas pantai Gabon tahun ini. Teluk Guinea, yang membentang sekitar 5.700 kilometer dari Senegal ke Angola, telah menjadi pusat gempa dunia baru untuk pembajakan, pencurian laut, dan penculikan untuk tebusan.

    Seorang juru bicara kementerian luar negeri Korea Selatan di Seoul menolak berkomentar ketika ditanya oleh AFP apakah tebusan telah dibayarkan untuk pembebasan itu.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id