comscore

Menlu Retno: Dampak Pemulihan Harus Dirasakan Seluruh Warga

Marcheilla Ariesta - 09 Desember 2021 15:24 WIB
Menlu Retno: Dampak Pemulihan Harus Dirasakan Seluruh Warga
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto. Dok. Kemenlu RI
Bali: Demokrasi, termasuk inklusivitas berarti partisipasi semua warga negara di semua aspek pemerintahan. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 9 Desember 2021.

"Tidak seorang pun boleh tertinggal, tidak ada suara yang boleh ditinggalkan dan tidak ada kekhawatiran yang harus dibiarkan tanpa penanganan," ucap Retno.

 



Dalam konteks pandemi, kata Retno, inklusivitas berarti dampak dari pemulihan harus dirasakan seluruh warga. Terutama yang termiskin dan paling rentan, juga yang paling terpukul oleh pandemi, seperti perempuan, pemuda, pekerja informal, penyandang disabilitas, dan komunitas lokal.

"Kita harus mendemokratisasikan kesempatan untuk pemulihan," lanjutnya.

Demokrasi, ucap Retno, akan memberikan ruang dialog yang berarti untuk memastikan pemulihan, mengatasi tantangan khusus yang dihadapi kelompok-kelompok tersebut.

Retno menegaskan, dengan memastikan inklusivitas, dapat membangun pascapandemi yang lebih tangguh di masyarakat. Menurut Retno, Pemerintah Indonesia sudah berada di jalur yang benar.

"Kami terus memperbarui komitmen kami untuk menggelar program perlindungan sosial," ungkap Retno.

Ia menuturkan, paket beras telah dibagikan kepada 28,8 juta keluarga penerima manfaat. Bantuan sosial juga menjangkau 9,9 juta keluarga penerima manfaat.

Retno juga menambahkan, bantuan Program Keluarga Harapan telah diperpanjang hingga 10 juta keluarga kurang mampu mengakses layanan sosial dasar.

"Kita (Indonesia) juga sudah melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang berfokus pada insentif bisnis dan dukungan untuk UMKM," pungkasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id