comscore

Jawab Kecurigaan, Calon Presiden Filipina Lakukan Tes Narkoba

Fajar Nugraha - 23 November 2021 16:28 WIB
Jawab Kecurigaan, Calon Presiden Filipina Lakukan Tes Narkoba
Kandidat Presiden Filipina Ferdinand Marcos jr. Foto: AFP
Manila: Putra dari mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos mengatakan pada Selasa bahwa dia mengikuti tes kokain setelah Presiden Rodrigo Duterte menuduh seorang kandidat presiden yang tidak disebutkan namanya menggunakan obat-obatan terlarang. Ini makin membuat menarik pertarungan pemilu Filipina.

Ferdinand Marcos Jr (namanya serupa dengan sang ayah) merupakan salah satu kandidat terdepan yang berusaha untuk menggantikan Duterte pada 2022. Dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa dia lakukan tes pada Senin dan telah menyerahkan hasilnya ke tiga lembaga kepolisian.
Dia mengatakan kepada penyiar lokal bahwa dia telah dites negatif.

"Saya benar-benar tidak merasa bahwa sayalah yang disinggung," kata Marcos Jr, yang dikenal sebagai 'Bongbong', seperti dikutip AFP, Selasa, 23 November 2021.

"Meskipun demikian, saya percaya itu adalah tugas bawaan saya sebagai calon pejabat publik untuk meyakinkan rekan-rekan Filipina saya bahwa saya menentang obat-obatan terlarang. Inilah sebabnya saya melakukan tes kokain kemarin,” ungkapnya.

Duterte, yang telah mengobarkan perang mematikan terhadap narkoba yang telah menewaskan ribuan orang, belum mengidentifikasi kandidat yang dia klaim menggunakan kokain. Kadang-kadang dia menyebut mereka menggunakan kata ganti laki-laki.

"Ada kandidat yang menggunakan kokain, Anda bisa bertanya pada orang kaya," tegas Duterte, Senin.

"Mengapa saya tidak menangkap orang itu? Anda tidak tahu orang kaya, mereka naik kapal pesiar atau di udara, di sanalah mereka mendengus,” ucap Duterte.

Sebuah survei bocor yang dilakukan pada Oktober oleh lembaga jajak pendapat yang disegani, Social Weather Stations, dilaporkan menunjukkan Marcos Jr sebagai pilihan utama untuk presiden dengan 47 persen dukungan pemilih.

Dia diikuti oleh wakil presiden petahana dan kandidat oposisi terkemuka Leni Robredo (18 persen) dan Wali Kota Francisco Domagoso (13 persen).

Pensiunan juara tinju dan senator Manny Pacquiao berada di urutan keempat dengan sembilan persen, diikuti oleh Senator Panfilo Lacson dengan lima persen.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id