Salah Dosis, 117 Warga Singapura Disuntik Ulang Vaksin Covid-19

    Medcom - 25 Oktober 2021 14:43 WIB
    Salah Dosis, 117 Warga Singapura Disuntik Ulang Vaksin Covid-19
    Seorang tenaga kesehatan Singapura menerima vaksinasi Covid-19. (Lee Jia Wen/MINISTRY OF COMMUNICATIONS AND INFORMATION/AFP)



    Singapura: Sebanyak 117 warga Singapura disebut-sebut telah mendapatkan vaksinasi covid-19 di Poliklinik SingHealth, Bukit Merah, Singapura secara keliru. Sebelum menerima suntikan ulang vaksin covid-19, mereka dikabarkan telah menerima dosis yang lebih rendah dari seharusnya.

    Dilansir dari Channel News Asia, 25 Oktober 2021, insiden tersebut memengaruhi 111 pasien dan enam staf yang menerima vaksin Covid-19 di Singapura di periode 20-22 Oktober lalu.

     



    "Mereka menerima dosis yang lebih rendah, sekitar 10 persen dari yang direkomendasikan," kata SingHealth dalam rilis media pada Minggu, 24 Oktober 2021.

    SingHealth menyatakan, tindakan cepat segera diambil setelah insiden tersebut diketahui.

    "Insiden terjadi karena kesalahan dalam mengidentifikasi tanda pada jarum suntik jenis baru yang belum lama ini dikenalkan di klinik," ujar SingHealth.

    Grup yang berdiri sejak tahun 2000 itu juga mengatakan, seluruh pasien terdampak telah dihubungi. Pengaturan tengah dibuat, total 117 pasien akan divaksinasi ulang sesegera mungkin dengan "dosis pengganti penuh" di Poliklinik SingHealth.

    "Berdasarkan pedoman vaksinasi saat ini oleh Kementerian Kesehatan, kami ingin meyakinkan semua pasien yang terkena dampak bahwa pengurangan dosis awal tidak menyebabkan reaksi merugikan, dan secara klinis aman bagi mereka untuk melakukan vaksinasi ulang Covid-19," jelas SingHealth.

    Nantinya, seluruh pasien terdampak akan diperiksa dokter sebelum menerima dosis pengganti. Hal ini merupakan bagian dari tindakan pencegahan tambahan.

    "Penyelidikan kami juga telah mengonfirmasi bahwa insiden itu adalah insiden terisolasi," tutur SingHealth.

    Baca: PM Lee Sebut 'New Normal' Singapura 3 Hingga 6 Bulan Lagi

    CEO SingHealth Polyclinics, Adrian Ee telah menyampaikan permohonan maaf atas kecemasan dan ketidaknyamanan dialami pasien dan para anggota keluarganya.

    "Kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengatasi kekhawatiran mereka, dan memfasilitasi vaksinasi pengganti Covid-19 sesegera mungkin,” ucapnya.

    Ia menjelaskan, sejumlah langkah telah diambil guna memperbaiki kesalahan. Para staf telah diingatkan terkait penggunaan yang benar dari jarum suntik jenis baru.

    "Kami juga ingin meyakinkan pasien kami bahwa kami telah meninjau proses vaksinasi secara menyeluruh, dan akan memastikan bahwa semua staf sudah terbiasa dengan penggunaan perangkat baru," pungkas Adrian Ee. (Nadia Ayu Soraya)

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id