comscore

Selandia Baru Diharapkan Jadi Jembatan ASEAN dan Pasifik Selatan

Marcheilla Ariesta - 05 Agustus 2022 07:45 WIB
Selandia Baru Diharapkan Jadi Jembatan ASEAN dan Pasifik Selatan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan Menlu ASEAN di Kamboja. Foto. Dok. Kemenlu RI
Phnom Penh: Indonesia mengharapkan Selandia Baru dapat menjadi jembatan bagi ASEAN dengan negara-negara Pasifik Selatan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikannya dalam Pertemuan Menlu ASEAN-Selandia Baru, mengingat Negeri Kiwi tersebut sebagai negara power house di kawasan itu.
 
Retno menyatakan, kemitraan ASEAN-Selandia Baru dapat menjadi pijakan bagi terciptanya perdamaian dan stabilitas di Pasifik.

"Oleh karena itu, kemitraan ASEAN-Selandia baru harus diarahkan untuk memperkuat kepercayaan strategis, meningkatkan spirit kolaborasi dan memperkokoh penghormatan terhadap prinsip kedaulatan dan integritas wilayah," kata Retno dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, Kamis, 4 Agustus 2022.
 
Retno menambahkan, kemitraan ini diharapkan memperkuat kerja sama pembangunan dengan Pasifik Selatan. Pasalnya, banyak sekali kerja sama yang dapat dilakukan antara ASEAN dengan Selandia Baru di Pasifik Selatan.
Beberapa kerja sama yang termasuk antara lain, mengatasi tantangan polusi, perubahan iklim dan penanggulangan bencana alam.
 
Selain itu, untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik Selatan, Indonesia akan menyelenggarakan Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) akhir tahun ini.

Forum ini diharapkan akan memperkuat kerja sama ekonomi dan pembangunan dengan negara-negara Pasifik. Indonesia mengundang Selandia Baru untuk mendukung kegiatan ini.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id