Duterte Tegaskan Filipina Bukan 'Pengemis' Vaksin Covid-19

    Willy Haryono - 27 Oktober 2020 14:30 WIB
    Duterte Tegaskan Filipina Bukan 'Pengemis' Vaksin Covid-19
    Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)
    Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengaku lebih memilih kesepakatan antar pemerintah untuk pembelian vaksin virus korona (covid-19). Ia mengatakan langkah itu lebih aman untuk mencegah risiko korupsi.

    Di waktu bersamaan, ia juga menegaskan bahwa Manila tidak akan "mengemis" akses vaksin covid-19 ke negara lain.

    "Izinkan saya memberitahu semua orang bahwa kami (Filipina) tidak akan mengemis. Kami akan membayar," tegas Duterte dalam pidato mingguannya, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 27 Oktober 2020.

    "Kepada pemerintah Tiongkok, Anda tidak perlu mencari mitra. Kami bisa membuat (kesepakatan) antar pemerintah," imbuhnya.

    Filipina, dengan lebih dari 108 juta penduduk dengan jumlah infeksi covid-19 tertinggi di Asia Tenggara, merupakan salah satu lokasi ideal untuk uji klinis dan pasar besar bagi produsen vaksin global.

    Duterte menambahkan, sementara ini Tiongkok dan Rusia terlihat unggul dalam 'perlombaan' vaksin covid-19. Menurutnya, negara mana pun yang dapat mengajukan tawaran terbaik, akan dipilih oleh Filipina.

    Baca:  Filipina Jajaki Uji Klinis Vaksin Covid-19 Rusia Pada Oktober

    Perusahaan bioteknologi Tiongkok, Sinovac, dapat memulai uji coba tahap akhir vaksinnya di Filipina paling cepat bulan depan. Badan pengawas obat Filipina akan mengevaluasi penerapannya nanti.

    Otoritas Filipina juga mengevaluasi vaksin dari Gamaleya Research Institute asal Rusia dan Johnson & Johnson dari Amerika Serikat untuk uji coba tahap akhir. Saat ini, Filipina juga sedang berdiskusi dengan Pfizer Inc dan Moderna Inc sebagai pemasok potensial.

    Tak hanya itu, Vaxine Pty Ltd Australia juga menyatakan minatnya untuk mengadakan uji klinis vaksin covid-19 di Filipina.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id