Kemenlu Revisi Jumlah WNI di Luar Negeri Terjangkit Korona

    Marcheilla Ariesta - 20 Maret 2020 20:30 WIB
    Kemenlu Revisi Jumlah WNI di Luar Negeri Terjangkit Korona
    Acara tabligh akbar di Malaysia pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu, ditengarai jadi penyebaran virus korona. Foto: The Star
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri merevisi jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus korona covid-19 di luar negeri. Awalnya Kemenlu mengatakan ada 48 WNI terjangkit korona, namun direvisi menjadi 47.

    Revisi dilakukan pada jumlah WNI yang terjangkit covid-19 di Malaysia. Sebelumnya disampaikan ada 13 WNI yang terjangkit, namun setelah dikonfirmasi ulang, jumlah WNI positif korona menjadi 12 orang.

    "KBRI Kuala Lumpur telah mendapat informasi dari Dirjen Kesehatan Malaysia bahwa WNI positif covid-19 di Malaysia ada 12 orang, dengan rincian delapan orang di Sabah, dan empat orang di Kuala Lumpur," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha kepada Medcom.id, Jumat 20 Maret 2020.

    Judha menambahkan para WNI ini terkait tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling Kuala Lumpur, Malaysia. "Info Kementerian Kesihatan Malaysia, 12 tersebut terkait dengan tabligh akbar," imbuhnya.

    Berdasarkan data Safe Travel, para WNI di Malaysia dalam kondisi stabil. Sementara itu, WNI lainnya tersebar di tujuh negara dan wilayah, seperti di Jepang, Singapura, Taiwan, Australia, Arab Saudi, Macau, dan India.

    Tiga WNI di Singapura dalam penanganan khusus, namun satu diantaranya sudah sembuh. Begitu pula dengan WNI di Jepang, semuanya dinyatakan sembuh.

    Saat ini jumlah kasus infeksi korona di dunia mencapai 209.839 orang. Terbanyak berada di Tiongkok sebesar 81.174 kasus, diikuti Italia 35.713, Iran 17.361 sebagai negara kedua dan ketiga terbanyak kasus korona.

    Sementara menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, korban infeksi korona di Indonesia per hari ini mencapai 369 yang dinyatakan positif. Sedangkan 32 lainnya dilaporkan meninggal dunia dan 17 dinyatakan sembuh.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan status covid-19 sebagai pandemi global. Pasalnya, virus ini sudah tersebar di 168 negara dan daerah di seluruh dunia.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id