Di PBB, Jokowi Tegaskan Kembali Mendukung Palestina Merdeka

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 September 2020 07:11 WIB
    Di PBB, Jokowi Tegaskan Kembali Mendukung Palestina Merdeka
    Presiden Joko Widodo berpidato pertama kali di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UNTV
    New York: Palestina tetap menjadi perhatian utama bagi diplomasi Indonesia. Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Dalam pidato pertamanya di Sidang Majelis Umum PBB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tekad Indonesia untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi.

    Bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bridge builder, sebagai bagian dari solusi.

    “Secara konsisten, komitmen ini terus dijalankan Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB,” ujar Jokowi dalam pidatonya pada Selasa 22 September 2020 waktu New York atau Rabu 23 September 2020 waktu Indonesia.

    “Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia. Spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind,” ucap Presiden.

    Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia, Soekarno, Bung Karno, kata Presiden. Hal itu disampaikan oleh Soekarno saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 yang menghasilkan Dasa Sila Bandung.

    Hingga kini, prinsip Dasa Sila Bandung dianggap masih sangat relevan termasuk penyelesaian perselisihan secara damai, pemajuan kerja sama, dan penghormatan terhadap hukum internasional.  Namun masih ada satu negara yang dianggap belum mencicipi kemerdekaannya, sejak Konferensi Asia Afrika.

    “Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya,” sebut mantan Wali Kota Solo itu.

    “Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya,” tegas Jokowi.

    Tidak lupa Presiden juga memaparkan keterlibatan Indonesia di kawasan, khususnya bersama negara anggota ASEAN. Presiden memaparkan upaya Indonesia bersama dengan negara Asia Tenggara lain untuk menjaga kawasan itu menjadi wilayah yang damai, stabil, dan sejahtera.

    Peringatan hari jadi ke-53 ASEAN pada 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

    “Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik, melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific,” pungkas Jokowi.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id