comscore

Kemenlu: Jangan Pakai Visa Pariwisata Buat Kerja di Luar Negeri

Marcheilla Ariesta - 12 Mei 2022 14:11 WIB
Kemenlu: Jangan Pakai Visa Pariwisata Buat Kerja di Luar Negeri
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. Foto: Dok.Kemenlu RI
Jakarta: Kementerian Luar Negeri Indonesia terus mengimbau warga yang ingin bekerja di luar negeri untuk berhati-hati. Pasalnya banyak modus penipuan yang mengiming-imingi kerja di luar negeri.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha juga meminta agar WNI yang ingin bekerja di luar negeri untuk memiliki dokumen lengkap dan sesuai prosedur.
"Kami mengimbau kepada para WNI tidak menggunakan visa pariwisata untuk bekerja di luar negeri," tutur Judha dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Penggunaan visa pariwisata tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini malah membuat rentan WNI terjerat perdagangan manusia.

Sebelumnya, terdapat 85 WNI di Turki yang terjerat kasus penipuan bekerja. Lewat sejumlah upaya yang dilakukan, pemerintah Indonesia berhasil memulangkan seluruh WNI.

"Keberangkatan WNI bekerja di Turki dengan berbagai macam modus. Ada 69 yang sudah dipulangkan dan ada 16 masih ada di Turki," tutur Judha.

"Kini, ke-16 WNI tersebut telah dipulangkan. Walaupun ke-85 telah dipulangkan, namun kami menyampaikan imbauan pada seluruh masyarakat Indonesia," tambahnya.

Judha juga menyampaikan, WNI harus mengecek terlebih dahulu kredibilitas tempat mereka bekerja. Pengecekan dapat dilakukan baik melalui Kementerian Ketenagakerjaan, maupun Dinas Tenaga Kerja setempat.

Selain itu, calon tenaga kerja juga harus melihat dan memahami keberangkatan sesuai prosedur dan sesuai dengan UU.

"Pastikan Anda memilih jangan gunakan visa tujuan wisata dalam bekerja," kata Judha.

"Salah satu modus yang digunakan seperti itu," pungkasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id