comscore

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Perbatasan RI-Australia, 9 WNI Tewas

Marcheilla Ariesta - 24 Maret 2022 16:59 WIB
Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Perbatasan RI-Australia, 9 WNI Tewas
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. Foto: Dok.Kemenlu RI
Jakarta: Kapal nelayan KM Kuda Laut tenggelam di perairan perbatasan Indonesia dan Australia. Sebanyak sembilan dari 12 awak kapal dilaporkan tewas.

Kapal ini tenggelam pada 18 Maret 2022 lalu untuk mencari ikan. Kapal dilaporkan berangkat dari Rote Ndao, NTT dan tenggelam di dekat Ashmore Reef, wilayah Australia.
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan, telah berkoordinasi dengan KJRI Perth, KRI Darwin, Basarnas, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta perwakilan Indonesia di Otoritas Australia terkait dengan tenggelamnya kapal ini.

Judha mengatakan, kapal tenggelam saat mengubah haluan untuk kembali ke Indonesia.

Pada 20 Maret 2022, pesawat patroli Australia berhasil mendeteksi tiga nelayan yang ada di puing-puing kapal yang karam.

Ketiga nelayan dapat diselamatkan kapal barang berbendera Singapura dan dipindahkan ke kapal patroli Australia.

"Dari tiga tersebut, satu dalam kondisi kritis dan sudah dirawat di rumah sakit, kemudian tanggal 22 Maret, satu kritis diterbangkan dengan helikoter, dua nelayan telah tiba di pelabuhan Darwin 22 Maret," kata Judha, dalam jumpa pers virtual, Kamis, 24 Maret 2022.

Ia menuturkan, KRI Darwin sudah menemui nelayan yang kritis di rumah sakit. Sementara itu, satu dari tiga nelayan yang selama dilaporkan terinfeksi covid-19.

Pemerintah Indonesia di Australia, kata Judha, telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten Rote Ndao unutk menyampaikan informasi tersebut. Sekaligus, kata Judha, memverifikasi identitas kepada keluarga korban.

"Selanjutnya kami bersama perwakilan RI akan terus memonitor kondisi nelayan dan akan memfasilitasi pemulangan ke Indonesia apabila kondisi sudah memungkinkan," pungkasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id