Menlu Malaysia Tak Jadi Ikut Pertemuan ASEAN-Tiongkok

    Willy Haryono - 06 Juni 2021 12:30 WIB
    Menlu Malaysia Tak Jadi Ikut Pertemuan ASEAN-Tiongkok
    Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein. (AFP)



    Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein tidak jadi menghadiri pertemuan ASEAN-Tiongkok yang dijadwalkan berlangsung di Chongqing, Tiongkok, pada Senin besok. Alasannya, ia harus menjalani karantina karena diduga telah melakukan kontak dengan seorang pasien Covid-19.

    "Kunjungan kerja Hishammuddin ke Mesir, Kuwait, dan Qatar juga akan ditunda," ujar pernyataan Kemenlu Malaysia, dilansir dari laman CGTN pada Minggu, 6 Juni 2021.

     



    "Meski menteri Hishammuddin telah menjalani dua tes PCR dengan hasil negatif, beliau tetap harus menjalani karantina dan isolasi mandiri sesuai panduan dari Kementerian Kesehatan," sambungnya.

    Hishammuddin akan digantikan Deputi Menlu Datuk Kamarudin Jaffar sebagai kepala delegasi dalam pertemuan ASEAN-Tiongkok.

    Semua menlu ASEAN -- kecuali Hishammuddin -- dan juga Menlu Tiongkok Wang Yi serta sekretaris jenderal ASEAN akan hadir dalam pertemuan pada Senin besok.

    Selama pertemuan tersebut, para menlu ASEAN dan Tiongkok akan bertukar pandangan dan memperluas kerja sama. Ini termasuk mencari kesepakatan kerja sama pandemi covid-19 yang kemungkinan besar akan menjadi perhatian utama.
     
    Delegasi Malaysia dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan Wang Yi di sela kegiatan ini. "Kedua kubu akan memperluas inisiatif baru yang lebih substantif dan kemitraan dinamis antara Malaysia dan Tiongkok," ucap Kemenlu Malaysia.

    Fokus isu yang dibahas termasuk kerja sama vaksin covid-19, pengembangan infrastruktur, keuangan, ekonomi digital, produksi makanan, dan agrikultur berteknologi tinggi.

    Baca:  Di Pertemuan ASEAN-Tiongkok, Menlu Malaysia akan Bahas Covid-19 hingga LCS

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id