Banjir Landa Malaysia, 3 Orang Tewas 20 Ribu Dievakuasi

    Willy Haryono - 05 Januari 2021 13:01 WIB
    Banjir Landa Malaysia, 3 Orang Tewas 20 Ribu Dievakuasi
    Ilustrasi banjir. (Medcom.id)
    Kuala Lumpur: Lebih dari 20 ribu orang telah dievakuasi dari sejumlah wilayah yang dilanda banjir di Malaysia pada Selasa, 5 Januari 2021. Banjir yang terjadi sejak awal tahun ini telah menewaskan setidaknya tiga orang.

    Menurut keterangan otoritas Malaysia, total 20.838 orang yang terkena imbas banjir di wilayah Pahang, Johor, Kelantan, Terengganu, Selangor, dan Perak telah dievakuasi ke sejumlah penampungan.

    Dilansir dari laman Anadolu Agency, banjir berskala luas di Malaysia ini diakibatkan tingginya curah hujan. Badn meteorologi setempat memprediksi guyuran hujan deras juga akan melanda Malaysia bagian timur serta wilayah Sabah.

    Di Johor dan Pahang, dua area terparah dilanda banjir di Malaysia sejak 1 Januari lalu, lebih dari 7.000 warga telah dievakuasi dari rumah mereka masing-masing.

    Senin kemarin, otoritas Malaysia berusaha menyelamatkan warga yang terjebak akibat banjir di Kota Tinggi. Sebagian besar area di kota tersebut terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai dua meter.

    Mayoritas warga yang terjebak di Kota Tinggi adalah pedagang dan pemilik toko. Otoritas Malaysia menyebut banjir di Kota Tinggi ini merupakan yang terburuk sejak 2006.

    Baca:  Kirim Bantuan Korban Banjir, Helikopter Malaysia Jatuh

    Saat ini Pemerintah Malaysia telah membangun pusat operasi penanganan banjir yang terdiri dari personel gabungan Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM), JBPM, dan APM. Tim gabungan ini bertugas menolong korban banjir dan mengevakuasinya ke pusat-pusat penampungan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id