Bantuan Ventilator AS Wujud Nyata Kolaborasi di Tengah Pandemi

    Marcheilla Ariesta - 28 Juli 2020 15:34 WIB
    Bantuan Ventilator AS Wujud Nyata Kolaborasi di Tengah Pandemi
    Penyerangan simbolis 100 ventilator dari AS ke Indonesia yang disaksikan Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Selasa 28 Juli 2020. (Foto: Kemenlu RI)
    Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyaksikan penyerahan bantuan berupa 100 ventilator pertama dari Amerika Serikat. Menurut Retno, bantuan AS tersebut merupakan wujud nyata dari kerja sama dan kolaborasi global di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    Retno, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 28 Juli 2020, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi yang erat dengan semua pemangku kepentingan yang relevan, terkait persiapan, persetujuan teknis, dan aspek logistik.

    "Saya ingin menggarisbawahi bahwa kegiatan penyerahan ini telah menunjukkan dua pelajaran penting bagi kita, yaitu merupakan contoh jelas bahwa kolaborasi penting dalam masa pandemi ini," tutur Retno.

    Dia mengatakan respons kolektif adalah kunci yang diperlukan dalam menghadapi tantangan global. Pelajaran kedua, kata Retno, dia berharap kerja sama Indonesia-AS tidak berhenti di sini.

    "Indonesia dan Amerika Serikat akan melanjutkan untuk memperkuat Kemitraan Strategis kami, tak hanya untuk mitigasi covid-19, namun juga untuk menghadapi pandemi lain di masa depan, dan untuk mendukung tata kelola kesehatan regional dan global," imbuhnya.

    Dalam kasus ini, kedua negara diharapkan bekerja keras untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai aspek, seperti penyediaan suplai medis, serta kerja sama pasca pandemi, seperti ekonomi dan investasi, termasuk industri farmasi.

    "Jadi, dengan bersama kita akan cepat pulih, lebih kuat dan makmur," ujar Retno.

    Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kedua pemimpin negara melalui telepon pada April lalu.  Charge d'Affaires Kedutaan Besar Amerika Serikat Heather Variava mengatakan pihaknya bangga bisa memenuhi janji mengirim ventilator yang diproduksi oleh Vyaire Medical tersebut.

    "Donasi ventilator ini mencerminkan komitmen jangka panjang kami untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia yang aman," seru Variava.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id