Plakat Pro-Demokrasi Dekat Istana Thailand Dicopot

    Willy Haryono - 21 September 2020 10:07 WIB
    Plakat Pro-Demokrasi Dekat Istana Thailand Dicopot
    Ribuan warga Thailand berunjuk rasa di Bangkok, Minggu 20 September 2020. (AFP)
    Bangkok: Sebuah plakat yang dipasang demonstran pro-demokrasi dekat istana Grand Palace di Bangkok, Thailand, telah dicopot. Plakat tersebut bertuliskan bahwa Thailand adalah milik rakyat, bukan properti monarki semata.

    Plakat dipasang dalam aksi unjuk rasa pada Minggu 20 September, saat para pedemo menyerukan reformasi di tubuh pemerintahan dan juga kerajaan Thailand.

    "Saya telah menerima laporan bahwa plakatnya sudah hilang. Tapi saya tidak tahu bagaimana plakat itu dicopot, dan siapa yang melakukannya," kata Wakil Kepala Kepolisian Bangkok Piya Tawichai, dikutip dari laman Nikkei Asian Review, Senin 21 September 2020.

    "Polisi sedang meminta keterangan BMA (Badan Metropolitan Bangkok) dan mencari tahu siapa yang telah mencopot plakat tersebut. Plakat itu merupakan barang bukti untuk menuntut grup pedemo," sambungnya.

    Dalam aksi protes pada Minggu kemarin, ratusan orang beramai-ramai berfoto di dekat plakat. Plakat tersebut meliputi simbol salut tiga jari yang diadopsi gerakan pro-demokrasi di Thailand.

    Sejak dua bulan terakhir, pengunjuk rasa di Thailand semakin berani dalam menyuarakan keluh kesah mereka terhadap pemerintah dan juga kerajaan.

    Padahal selama ini, aktivitas mengkritik kerajaan merupakan sesuatu yang tabu di Thailand.

    Kerajaan Thailand belum berkomentar mengenai aksi protes ini. Raja Maha Vajiralongkorn saat ini sedang tidak berada di Thailand.

    Selain menyerukan reformasi di pemerintahan dan kerajaan Thailand, demonstran juga meminta agar Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha untuk segera mundur dari jabatannya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id