comscore

Populer Internasional: Penyebab Batalnya Pertemuan Menlu ASEAN hingga Kematian Pelajar RI di AS

Fajar Nugraha - 14 Januari 2022 07:43 WIB
Populer Internasional: Penyebab Batalnya Pertemuan Menlu ASEAN hingga Kematian Pelajar RI di AS
ASEAN batalkan pertemuan menlu di Kamboja pekan depan. Foto: AFP
Jakarta: Pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) yang akan diselenggarakan pekan depan, terpaksa harus dibatalkan. Kamboja, sebagai tuan rumah mengatakan, pembatalan dilakukan karena banyak menteri menyatakan kesulitan untuk hadir.

Pembatalan itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, yang disertai dengan isu mengenai Tiongkok yang deteksi kasus baru varian Omicron di saat wabah covid-19 di Tianjin meluas.
Kemudian kabar mengenai penyebab kematian RI di Kanada turut menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler itu:

1. Meningkatnya Kasus Omicron dan Isu Domestik Penyebab Batalnya Pertemuan Menlu ASEAN

Pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) yang akan diselenggarakan pekan depan, terpaksa harus dibatalkan. Kamboja, sebagai tuan rumah mengatakan, pembatalan dilakukan karena banyak menteri menyatakan kesulitan untuk hadir.
 
"Kita sudah mendengar kabar dan memahami penundaan pertemuan retreat yang menurut rencana akan dilakukan secara fisik mengingat saat ini angka kasus Omicron menanjak terus sehingga banyak negara saat ini melakukan pembatasan perjalanan luar negeri dan beberapa negara ASEAN memiliki agenda domestik yang tidak dapat ditinggalkan," kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Abdul Kadir Jailani.
 
"Jadi bukan Indonesia saja, tapi negara lain di ASEAN juga," imbuhnya, Kamis, 13 Januari 2022.

Kadir mengatakan masih belum diketahui tanggal pastinya untuk pertemuan AMM selanjutnya. Ia juga belum bisa mengatakan apakah pertemuan tetap dilakukan secara fisik atau diubah menjadi daring.

Apa penyebab pembatalan pertemuan Menlu ASEAN? Simak tautan ini.

2. Tiongkok Deteksi Kasus Baru Omicron saat Wabah Covid-19 Tianjin Meluas

Kota pelabuhan Tianjin di Tiongkok melaporkan peningkatan infeksi covid-19 pada Kamis 13 Januari 2022. Pihak pemerintah kota pun meningkatkan upaya untuk mengendalikan wabah yang telah menyebarkan varian Omicron yang sangat menular ke kota lain di Negeri Tirai Bambu.

Halaman Selanjutnya
  Omicron telah membawa…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id