comscore

Dukung Ketahanan Pangan, Indonesia-Australia Teken MoU Kerja Sama Pertanian

Marcheilla Ariesta - 26 Januari 2022 13:45 WIB
Dukung Ketahanan Pangan, Indonesia-Australia Teken MoU Kerja Sama Pertanian
Petani memanen gandum di wilayah Inverleigh, Australia, 12 Januari 2021. (William WEST / AFP)
Jakarta: Menteri Pertanian Australia David Littleproud memulai kunjungan tiga harinya ke Indonesia. Kunjungannya bertujuan memperkuat kerja sama pertanian kedua negara lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pertanian Indonesia-Australia.

"Indonesia adalah mitra pertanian yang sangat dihormati Australia, dan hubungan ini akan terus berlanjut dan semakin kuat," kata Littleproud, dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Rabu, 26 Januari 2022.

 



Ia mengatakan, kerja sama merupakan landasan hubungan Indonesia-Australia. Karenanya, kemitraan ini dilakukan untuk memajukan pembangunan pertanian, mendukung ketahanan pangan, dan membangun sektor pertanian pangan yang kuat.

Littleproud menambahkan, perdagangan dua arah di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan kedua negara mencapai AUD4 miliar pada periode 2020-2021. Menurutnya, pasar ekspor saat ini bernilai AUD2,9 miliar bagi petani, nelayan dan rimbawan Australia.

"Meningkatkan perdagangan tersebut adalah kesempatan tidak ternilai untuk menyediakan lebih banyak pangan berkualitas tinggi bagi masyarakat kedua negara kita," lanjut dia.

Karenanya, kata Litteproud, pemerintah Australia berkomitmen membangun hubungan yang lebih baik dengan Indonesia, baik di level pemerintah maupun swasta. "Saya tidak sabar untuk mengunjungi Pabrik Penggilingan Tepung Bogasari, salah satu pelanggan tunggal terbesar Australia untuk produk gandum," katanya.

Ia juga senang karena produk mereka diolah menjadi produk konsumen populer hingga ke mancanegara, seperti mie dari Indomie.

Di Jakarta, Littleproud bertemu Mentan Syahrul Yasin Limpo. "Bersama-sama kita akan menandatangani MoU Kerja Sama bidang Pertanian Indonesia-Australia yang akan meletakkan dasar pondasi kuat bagi hubungan kita di tahun mendatang," ujarnya.

Selain bertemu Mentan Syahrul Yasin Limpo, Littleproud juga akan bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto, mengunjungi pabrik penggilingan tepung Bogasari, mengunjungi supermarket Ranch Market, dan melakukan pertemuan dengan perwakilan agribisnis Indonesia.

Baca:  Indonesia Jadi Pasar Pangan Terbesar Australia Barat

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id