Indonesia Kirim Bantuan 200 Unit Oksigen Konsentrator ke India

    Marcheilla Ariesta - 12 Mei 2021 13:51 WIB
    Indonesia Kirim Bantuan 200 Unit Oksigen Konsentrator ke India
    Menlu Retno Marsudi (dua kiri) dalam acara pengiriman bantuan 200 unit oksigen konsentrator ke India di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu, 12 Mei 2021. (YouTube/Sekretariat Presiden)



    Jakarta: Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa 200 unit oksigen konsentrator ke India yang tengah dilanda gelombang kedua Covid-19. Bantuan kemanusiaan ini akan diberangkatkan pada pukul 14.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

    Pasokan oksigen dibutuhkan India dalam merawat pasien Covid-19, terutama yang mengalami gejala-gejala berat.

     



    "Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam acara penyerahan bantuan di Bandara Soekarno Hatta, Rabu, 12 Mei 2021.

    Menlu Retno menuturkan bahwa pada 10 Mei lalu, pemerintah Indonesia dan asosiasi serta pelaku industri juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India.

    Baca:  Kirim Tabung Oksigen ke India, Airlangga: Indonesia Jangan Kendur

    Menurutnya, Indonesia dan India merupakan sahabat sejak lama. Kedua negara sudah saling bekerja sama sejak awal pandemi Covid-19.

    "Di awal pandemi, saya ingat betul karena langsung melakukan komunikasi dengan Menlu India, bagaimana Pemerintah India memfasilitasi hingga ekspor Bahan Baku Obat (BBO) yang pada saat itu sangat diperlukan, dapat diperoleh Indonesia," seru Retno.

    Ia menambahkan jika New Delhi juga berperan penting dalam mendukung pengadaan vaksin melalui kerangka multilateral melalui COVAX Facility.

    "Indonesia selalu bersyukur atas dukungan India saat pandemi ini. Saat ini, waktunya untuk menunjukkan dukungan kami," tutur Retno kepada Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti.

    "RI akan berdiri bersama India di masa sulit ini, dan kami terus berkomitmen untuk membagi beban dengan rakyat India," imbuhnya.

    Ini bukan kali pertama Indonesia memberikan bantuan alat kesehatan. Di awal pandemi, RI mengirimkan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer untuk Wuhan di Tiongkok.

    Selain itu, Indonesia juga memberikan bantuan untuk Palestina dan negara-negara di Pasifik selama pandemi. Menlu Retno mengatakan Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara.

    "Kita meyakini, untuk berhasil melawan pandemi, solidaritas, kolaborasi dan kerja sama merupakan sebuah keharusan," kata Retno.

    "Tidak ada negara yang tertinggal, tidak ada yang aman sampai semuanya aman. Hanya dengan spirit solidaritas dan kerja sama, kita dapat keluar dari pandemi ini sebagai pemenang," pungkasnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id