comscore

Pernah Jadi Tukang Sampah, Wali Kota Manila Nyapres di Pemilu Filipina

Willy Haryono - 22 September 2021 12:27 WIB
Pernah Jadi Tukang Sampah, Wali Kota Manila <i>Nyapres</i> di Pemilu Filipina
Wali Kota Manila Isko Moreno Domagoso bergabung dalam bursa capres Pemilu Filipina 2022. (Isko Moreno Domagoso/Instagram)
Manila: Wali Kota Manila Isko Moreno Domagoso mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai calon presiden untuk pemilihan umum nasional Filipina tahun depan. Moreno disebut-sebut sebagai salah satu rival terberat petahana Rodrigo Duterte, yang akan berpartisipasi dalam pemilu walau hanya sebagai calon wakil presiden.

Berusia 46 tahun, Moreno yang merupakan aktor remaja Filipina di era 1990-an, mengaku akan segera mengumumkan 'kendaraan pengusung' menuju pemilu Filipina.
Ia berjanji akan memperluas respons negara terhadap pandemi Covid-19, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di seantero negeri.

Moreno juga berjanji akan menunjuk jajaran pejabat dari luar lingkaran dalamnya, dan mengajak kelompok milenial untuk bergabung ke "pemerintahan rekonsiliasi nasional."

"Jalan menuju pemulihan akan berlangsung sulit, penuh perjuangan dan juga tantangan," tutur Moreno dalam pidato deklarasinya di Manila.

"Tidak ada tongkat ajaib yang dapat membuat semua masalah kita menghilang. Hanya kerja keras yang dapat mengatasi semua masalah," sambungnya, dilansir dari laman The Straits Times, Rabu, 22 September 2021.

Dokter spesialis jantung Willie Ong dipilih Moreno sebagai calon wakil presiden, ucap pakar strategi politik Lito Banayo dalam sebuah wawancara bersama ABS-CBN News Channel.

Dalam sebuah survei pada Juni lalu, Moreno merupakan rival terdekat dari anak Duterte, Sara. Walau Sara mengaku tidak akan maju dalam pemilu Filipina tahun depan, sang ayah memutuskan menjadi cawapres untuk mendampingi senator Christopher "Bong" Go.

Baca:  Manny Pacquiao Calonkan Diri sebagai Presiden Filipina

Sebelum berkecimpung di dunia seni peran, Moreno pernah menjadi seorang tukang sampah di wilayah kumuh Manila. Beranjak dewasa, Moreno memasuki dunia politik Manila sebagai seorang penasihat dewan. Selang beberapa tahun setelahnya, ia menjadi Wakil Wali Kota Manila, sebelum akhirnya memegang jabatan orang nomor satu di ibu kota.

Sejumlah politisi Filipina sering menggunakan foto-foto seksi Moreno dari dunia keartisan untuk menjatuhkan karakternya. Namun taktik semacam itu dinilai kurang efektif karena Moreno selalu terbuka mengenai masa lalunya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id