KTT Terkait Myanmar Jadi Ujian Bagi Kredibilitas ASEAN

    Fajar Nugraha - 23 April 2021 07:02 WIB
    KTT Terkait Myanmar Jadi Ujian Bagi Kredibilitas ASEAN
    ASEAN diharapkan bisa bertindak terkait situasi yang memburuk terjadi di Myanmar. Foto: AFP



    Yangon: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN khusus untuk membahas situasi di Myanmar, akan menjadi ujian bagi kredibilitas dan persatuan ASEAN. Hal ini disebutkan oleh seorang pejabat senior Thailand pada Kamis (22 April).

    KTT ini menjadi sangat penting di tengah meningkatnya korban tewas dan kekerasan di perbatasan barat Thailand itu.






    Menurut kelompok The Assistance Association for Political Prisoners (AAPP), pasukan keamanan di Myanmar telah menewaskan sedikitnya 739 orang sejak kudeta militer 1 Februari yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

    Sementara utusan khusus PBB mengenai Myanmar, Tom Andrews menyebutkan bahwa militer Myanmar telah meningkatkan penggunaan kekuatan mematikan karena berusaha untuk memadamkan protes massa terhadap junta. Bahkan saat ini sekitar 250.000 warga telah mengungsi.

    Para pemimpin dan menteri luar negeri dari 10 negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan mengadakan pembicaraan tentang meningkatnya krisis Myanmar di Jakarta pada Sabtu.

    Pemimpin kudeta Min Aung Hlaing akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri KTT tersebut. Ini merupakan dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak kudeta tersebut.

    Keterlibatannya telah membuat marah para aktivis, kelompok hak asasi manusia, dan pemerintahan bayangan anggota parlemen Myanmar yang digulingkan.

    Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha membahas KTT tersebut dalam panggilan telepon pada Kamis pagi.

    Dalam percakapan tersebut, Prayut mengakui bahwa situasi di Myanmar merupakan masalah yang menantang bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu, menurut pernyataan pers.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id