comscore

Anwar Ibrahim Sebut Partisipasi Rendah Pemilu Johor Ancam Demokrasi

Medcom - 14 Maret 2022 13:15 WIB
Anwar Ibrahim Sebut Partisipasi Rendah Pemilu Johor Ancam Demokrasi
Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim. (AFP)
Kuala Lumpur: Ketua Parti Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia, Anwar Ibrahim, mengucapkan selamat atas kemenangan Barisan Nasional (BN) dalam pemilihan umum negara bagian Johor. Namun, ia juga menyampaikan kekhawatiran akan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu tersebut.

"Kami sangat khawatir akan persentase dari tren partisipasi pemilih yang sangat meresahkan dan dapat mengancam proses demokrasi," kata pemimpin oposisi dan Perdana Menteri Port Dickson itu melalui Facebook, dilansir dari Malay Mail, Senin, 14 Maret 2022.
"Apresiasi saya sampaikan kepada semua pendukung dan semangat Keadilan dan Pakatan Harapan (PH) yang bekerja keras untuk menggerakkan kampanye sepanjang pemilu negara bagian ini," imbuhnya.

Anwar pun menyinggung pelaksanaan pemilu selanjutnya. "Keputusan ini juga menjadi pengingat penting bagi partai politik untuk mendapatkan kembali kekuatannya menjelang pemilihan umum berikutnya," tambah Anwar.

Baca:  Barisan Nasional Menang Pemilu Johor, Makin Perkuat Kekuasaan di Malaysia

PKR mempertahankan kursi di negara bagian Bukit Batu, di mana kandidatnya Arthur Chiong memenangkan persaingan empat pihak dengan hanya 137 suara. Partainya hanya memperoleh kursi tersebut.

Di sisi lain, Partai Aksi Demokrat (DAP) memenangkan 10 kursi, dan Barisan Nasional menang telak dengan mendapatkan 40 dari 56 kursi negara bagian. 

Aliansi Demokratik Bersatu Malaysia (Muda) memenangkan kursi Puteri Wangsa, dalam pemilihan perdananya sejak resmi diakui sebagai partai politik.

Parti Pejuang Tanah Air (Pejuang) kalah di semua 42 kursi yang diperebutkan. Calon dari partai tersebut pun kehilangan deposit mereka.

BN memperoleh “super mayoritas” di Johor. Ini merupakan pengembalian kekuatan menakjubkan setelah mengalami kekalahan pertama kalinya dalam pemilihan umum ke-14 (GE14) tahun 2018. (Kaylina Ivani) 

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id