comscore

Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Filipina, Guncangan Moderat Terasa di Davao

Willy Haryono - 22 Januari 2022 11:07 WIB
Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Filipina, Guncangan Moderat Terasa di Davao
ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Manila: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Filipina pada Sabtu, 22 Januari 2022. Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, episentrum gempa berlokasi sekitar 231 kilometer dari provinsi Sarangani dengan kedalaman diestimasi mencapai 23,99 km.

Dikutip dari Sputnik, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) menyebut gempa terbaru di Filipina ini tidak akan memicu gelombang tsunami di kawasan. Sebelumnya, Phivolcs mencatat kekuatan gempa hari ini berada di angka magnitudo 6,5 dengan kedalaman 66 km.

 



Phivolcs menyebut kerusakan struktural serius tidak akan terjadi akibat gempa Sabtu ini. Namun, guncangan susulan dan beberapa kerusakan ringan diperkirakan akan terjadi di area sekitar episentrum.

"Guncangan moderat tercatat terjadi di beberapa wilayah Davao Oriental, sepeti Baganga dan Caraga, Maco, dan Davao de Oro," ucap Phivolcs.

Dalam skala penghitungan di Filipina, gempa hari ini masuk kategori "Intensitas IV." Sementara guncangan intensitas lemah atau "Intensitas III" terdeteksi di Bislog City, kota terpadat di Surigao del Sur.

Awal Desember lalu, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang provinsi Davao Occidental di Filipina bagian selatan.

Baca:  Gempa Bumi Magnitudo 6,1 Guncang Filipina Selatan

Tiga bulan sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,7 melanda Provinsi Batangas di pulau Luzon pada pukul 01.12 pagi. Saat itu, penduduk ibu kota Manila juga merasakan guncangan.

Seperti beberapa negara Asia Tenggara lainnya, Filipina berada di Cincin Api atau Ring of Fire, sebuah zona yang rentan dilanda aktivitas seismik.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id