Kasus Harian Covid-19 Singapura Turun ke Level Terendah

    Fajar Nugraha - 18 September 2020 15:19 WIB
    Kasus Harian Covid-19 Singapura Turun ke Level Terendah
    Warga Singapura mengikuti protokol kesehatan untuk hindari wabah covid-19. Foto: AFP
    Singapura: Jumlah kasus covid-19 harian di Singapura turun ke level terendah dalam enam bulan. Pada Kamis 17 September 2020 tercatat 18 infeksi covid-19 baru pada siang hari.

    “Ini adalah jumlah kasus terendah sejak 16 Maret, ketika 17 infeksi baru dilaporkan. Semua kasus baru yang dilaporkan pada Kamis tidak menunjukkan gejala dan terdeteksi dari skrining dan pengawasan,” pernyataan Kementerian Kesehatan Singapura, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat 18 September 2020.

    Kasus yang berada di komunitas satu-satunya, diketahui sebagai pria pemegang izin kerja. Warga negara India berusia 48 tahun itu terdeteksi selama pengujian rutin terhadap pekerja di sektor konstruksi, kelautan, dan proses yang tinggal di luar asrama.

    Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengatakan, penyelidikan epidemiologi dari kasus ini sedang berlangsung. Semua kontak dekat yang diidentifikasi juga telah diisolasi dan ditempatkan di karantina. Tes serologis untuk kontak rumah tangga pria juga akan dilakukan.

    Lebih lanjut kementerian kesehatan mengatakan jumlah kasus baru di masyarakat telah menurun, dari rata-rata dua kasus per hari pada minggu sebelumnya, menjadi rata-rata satu kasus per hari dalam seminggu terakhir.

    “Jumlah kasus yang tidak ditautkan di komunitas tetap stabil, kurang dari satu kasus per hari dalam dua minggu terakhir,” imbuh pihak MOH.

    Sedangkan dua kasus impor yang dilaporkan pada Kamis terdiri dari pemegang izin kerja yang saat ini bekerja di Singapura. Satu orang diketahui tiba dari Prancis pada 4 September, dan seorang lagi adalah pemegang izin tanggungan yang tiba dari India pada 5 September.

    Keduanya ditempatkan pada karantina setibanya di Singapura dan diuji saat menjalani masa isolasi di fasilitas khusus. Di antara 15 kasus yang berada di asrama, 10 diidentifikasi sebelumnya sebagai kontak dari kasus sebelumnya, dan telah dikarantina untuk mencegah penularan lebih lanjut. Depkes mengatakan, lima kasus lainnya terdeteksi melalui pengujian pengawasan.

    “Hasil tes serologis untuk tiga kasus sejauh ini kembali positif, yang menunjukkan "kemungkinan terinfeksi kembali,” sebut pihak kementerian.

    Berdasarkan data Johns Hopkins University, Jumat 18 September 2020, kasus positif covid-19 di Singapura mencapai 57.532 jiwa dengan angka kematian 27 jiwa. Sementara pasien sembuh mencapai 57.039 orang.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id