Pelajar Myanmar Tolak Bersekolah di Bawah Pemerintahan Militer

    Marcheilla Ariesta - 18 November 2021 14:38 WIB
    Pelajar Myanmar Tolak Bersekolah di Bawah Pemerintahan Militer
    Pelajar di Myanmar tolak pendidikan di bawah militer./AFP



    Yangon: Sekolah di Myanmar kembali dibuka sejak 1 November lalu. Namun, para siswa memilih untuk tidak bersekolah, bahkan ada yang memboikot pendidikan di bawah pemerintahan militer.

    Salah satu alasan para pelajar tetap tinggal di rumah adalah karena keamanan. Seorang siswa mengatakan beberapa kali ledakan terjadi di sejumlah sekolah.

     



    "Sekolah saya belum diserang, tapi saat saya mendengar suara ledakan di sekolah lainnya, saya ketakutan. Jadi saya memilih untuk tetap diam di rumah," kata siswi di Kota Pyay tersebut, dilansir dari Al Jazeera, Kamis, 18 November 2021.

    Ia bercerita, sebelum kudeta, sekolahnya memiliki hingga 600 siswa. Tetapi sejak kudeta dan sekolah kembali dibuka, hanya sekitar 20 anak yang masuk.

    Rasa takut diserang bukan hanya alasan mereka tidak berangkat sekolah. Ketidakhadiran ini juga menjadi bentuk protes terhadap militer, yang mengambil alih kekuasaan lewat kudeta pada 1 Februari lalu.

    Baca juga: Aung San Suu Kyi Didakwa atas Dugaan Kecurangan Pemilu Myanmar

    Sejak Juli tahun ini, sekolah di Myanmar ditutup karena kasus covid-19 yang semakin melonjak. Orang tua pun menolak mengirim anak-anak mereka kembali ke sekolah selama kudeta masih berlangsung.

    "Sekolah dioperasikan militer dan sebagai seorang revolusioner, saya menolak mengirimkan anak saya (sekolah)," kata orang tua siswa dengan nama samaran Nay Zin Oo.

    "Jika kami, orang tua memilih untuk mengantarkan anak ke sekolah, artinya kami mendukung militer. Saya hanya akan mengirim mereka saat kudeta berakhir," lanjut ayah tiga anak itu.

    Menurutnya, memboikot sekolah bisa jadi bentuk protes kuat terhadap militer. Ia mengatakan, akan berjuang mengembalikan demokrasi ke Myanmar.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id