comscore

Mengharukan, Kisah Anak WNI yang Dibesarkan Mantan Guru TK di Malaysia

Marcheilla Ariesta - 18 Januari 2022 17:00 WIB
Mengharukan, Kisah Anak WNI yang Dibesarkan Mantan Guru TK di Malaysia
Rohana Abdullah (kiri) bersama ibu angkatnya, Chee Hoi Lan. (The Star/Harian Metro)
Petaling Jaya: Perbedaan agama dan ras tak menghentikan Chee Hoi Lan untuk membesarkan Rohana Abdullah. Rohana adalah anak dari seorang warga negara Indonesia (WNI), yang ditinggalkan di sebuah taman kanak-kanak di Malaysia saat dirinya masih berusia dua bulan. Peristiwa itu terjadi 22 tahun lalu.

Chee, 83, pernah menjadi guru TK di tempat ibu Rohana bekerja sebagai tenaga kebersihan. Ia membesarkan gadis yang kini berusia 22 tahun itu seperti darah dagingnya sendiri meskipun agama dan ras mereka berbeda.

 



Dikutip dari The Star, Selasa, 18 Januari 2022, Chee mengaku sadar bahwa mereka berbeda keyakinan dan karena itu, ia berusaha memenuhi semua kebutuhan Rohana termasuk mengirimnya untuk pelajaran agama seperti Kelas Asas Fardu Ain (Kafa).

Selain itu, Chee juga memastikan bahwa Rohana mempelajari dasar-dasar Islam melalui studinya di sekolah dan interaksi dengan orang-orang di sekitarnya.

"Saya mencintainya seperti anak saya sendiri. Sejak kecil, saya memastikan dia makan makanan halal dan menjalankan ibadah agama sebagai seorang Muslim hingga saat ini," kata Chee.

"Tapi sebelum saya mati, saya ingin melihatnya menikah, sukses dan bahagia. Saya lega karena sepanjang hidupnya, saya memastikan dia hidup sebagai seorang Muslim dan akan seperti itu selamanya," lanjutnya.

Chee, yang belum menikah, mengatakan bahwa selama Rohana tinggal bersamanya, dia memastikan bahwa putrinya terus mengamalkan agama Islam.

"Saya tahu ada hal-hal yang tidak bisa dia makan. Saya tahu ada saat-saat dia perlu berdoa dan itu bukan masalah sama sekali," terang Chee.

"Saya bertanggung jawab sebagai seorang ibu. Saya mendidik, mengasuhnya dengan sebagaimana mestinya. Yang membedakan kami hanya budaya dan agama," ungkapnya.

Rohana mengatakan, ia akan terus mencintai ibu angkatnya yang akrab disapa laoshi (guru - bahasa Mandarin), bahkan setelah ia menempuh hidup sendiri.

Ibu Rohana merupakan WNI. Ia menikah dengan pria lokal Malaysia, tapi suaminya itu menghilang setelah Rohana lahir.

"Saat ini saya sedang menghadapi masalah untuk mendapatkan status kewarganegaraan. Saya mengerti karena ibu saya adalah orang Indonesia dan ayah saya menghilang sejak saya masih kecil," kata Rohana.

"Saya mengajukan status kewarganegaraan pada 2016, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan," lanjut dia.

Bersama ibu angkatnya, Rohana telah bertemu Gulam Muszaffar, ketua penerangan UMNO Malaysia, yang merupakan murid Chee pada 1980. "Kami telah meminta bantuan dalam masalah ini," terangnya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id