Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja Tutup Usia

    Willy Haryono - 06 Juni 2021 13:22 WIB
    Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja Tutup Usia
    Mochtar Kusumaatmadja menjadi menteri luar negeri di periode 1978-1988. (@KSPgoid)



    Jakarta: Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia di usia 92 tahun pada Minggu, 6 Juni 2021. Kabar duka disampaikan melalui akun Twitter Kantor Staf Presiden (KSP).

    "Beliau adalah Guru Besar & Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978) & Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV Kabinet Pembangunan III & IV (1978-1988)," tulis akun @KSPgoid.

     



    Kabar duka juga dikonfirmasi juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah melalui pesan singkat kepada Medcom.id.

    Menurut informasi dari beragam sumber, Mochtar Kusumaatmadja meninggal pada pukul 09.15 WIB di Rumah Sakit Siloam. Hingga sejauh ini belum ada informasi lanjutan perihal penyebab kematian serta rencana pemakaman.

    Mochtar Kusumaatmadja lulus Meester in de Rechten (Sarjana Hukum plus) dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UI pada tahun 1955. 

    Karier Mochtar Kusumaatmadja muda melejit ketika diminta pemerintah untuk mengembangkan konsep negara kepulauan yang pada 1957 dideklarasikan oleh Perdana Menteri Djuanda. 

    Semenjak itu, beliau aktif menghadiri berbagai konferensi hukum laut untuk meyakinkan banyak pakar dan perwakilan negara atas konsep negara kepulauan. Perjuangan beliau membuahkan hasil dengan diterimanya konsep negara kepulauan (archipelagic states) dalam Konvensi Hukum Laut 1982. 

    Ia pernah menduduki birokrasi Universitas dengan menduduki jabatan sebagai Rektor Universitas Padjadjaran.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id