Cegah Varian Delta, Kamboja Tutup Perbatasan dengan Thailand

    Marcheilla Ariesta - 29 Juli 2021 20:54 WIB
    Cegah Varian Delta, Kamboja Tutup Perbatasan dengan Thailand
    Warga Kamboja divaksin covid-19 untuk bantu hentikan penyebaran covid-19. Foto: AFP.



    Phnom Penh: Kamboja memberlakukan pembatasan covid-19 di delapan provinsi yang berbatasan dengan Thailand. Langkah ini untuk menekan pergerakan jutaan penduduk agar menghambat penyebaran varian Delta covid-19 yang sangat menular.

    Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah pekerja migran Kamboka kembali ke rumah mereka dari Thailand. Negeri Gajah Putih sedang berjuang melawan gelombang baru covid-19 yang dipicu varian Delta.

     



    Otoritas kesehatan Kamboja mengatakan, ada 39 kasus covid-19 varian Delta yang ditemukan di negara itu pekan ini. Sebanyak 21 kasus diantaranya merupakan pekerja migran yang baru kembali dari Thailand.

    Baca juga: Kerap Kejar Ambulans, Jurnalis Dilarang Liput Zona Merah Covid-19 Kamboja

    Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen menandatangani perintah penguncian pada Rabu malam. Perintah tersebut melarang warga untuk meninggalkan rumah, berkumpul dalam kelompok, dan melakukan bisnis, kecuali bagi mereka yang terlibat dalam mengoperasikan maskapai penerbangan.

    "Penguncian hanya dilakukan sementara, dengan tujuan mencegah penularan berbasis komunitas dari varian baru Delta covid-19," ucap Hun Sen, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 29 Juli 2021.

    Pos pemeriksaan perbatasan dengan Thailand juga akan ditutup kecuali untuk memungkinkan pengangkutan barang dan dalam keadaan darurat. Hun Sen menambahkan, penguncian akan berlangsung hingga 12 Agustus.

    Provinsi yang terkena dampak adalah Koh Kong, Pursat, Battambang, Pailin, Banteay Meanchey, Oddar Meanchey, Preah Vihear dan Siem Reap.

    Pihak berwenang di ibu kota Phnom Penh juga memberlakukan jam malam selama dua minggu, membatasi warga meninggalkan rumah mereka antara pukul 21.00 hingga 03.00.

    Kamboja berhasil menahan sebagian besar virus sepanjang tahun lalu setelah wabah pertama kali terdeteksi di negara itu pada akhir Februari. Kasus covid-19 sejak awal pandemi tercatat sebanyak 75.152 kasus dengan 1.339 kematian.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id