Indonesia-Rusia Tetap Mesra di Tengah Pandemi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 23 Desember 2020 13:25 WIB
    Indonesia-Rusia Tetap Mesra di Tengah Pandemi Covid-19
    Dubes Lyudmila Vorobieva (tengah) bersama jajaran staf Kedubes Rusia di Jakarta menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa. (Russian Embassy in Jakarta)



    Jakarta: Hubungan Indonesia dan Rusia tetap mesra di tengah pandemi virus korona (covid-19). Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, kedua negara tetap melakukan berbagai kegiatan meski skalanya terbatas akibat pandemi.

    "Kami masih tetap melakukan dialog politik, bahkan kedua presiden juga saling berkomunikasi via telepon untuk membahas kerja sama melawan covid-19," tutur Lyudmila dalam jumpa pers yang digelar virtual pada Rabu, 23 Desember 2020.

     



    Tak hanya lewat pemerintah, kata Lyudmila, kerja sama antar sektor swasta kedua negara juga terus terjalin. Beberapa perusahaan farmasi Rusia sudah berkoordinasi dengan mitranya untuk mengirimkan obat-obatan, dan lain sebagainya.

    Baca:  Sejumlah Perusahaan RI Diskusikan Kerja Sama Sputnik V

    Kerja sama Indonesia dan Rusia juga tetap terjalin di bidang pertahanan. Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, bahkan sudah dua kali melakukan kunjungan ke Rusia tahun ini.

    "Ini merupakan kehormatan bagi kami (Rusia) karena ia hadir dalam parade militer 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia," katanya.

    "Ia (Prabowo) menjadi menteri pertahanan Indonesia pertama yang hadir dalam parade ini," imbuh Lyudmila.

    Dubes Lyudmila menambahkan, tak banyak kegiatan yang akhirnya dilakukan dalam merayakan ulang tahun bilateral kedua negara dikarenakan pandemi covid-19. Namun, tuturnya, ia berharap ke depannya Indonesia dan Rusia dapat terus menjalin kerja sama erat di berbagai bidang.

    Sebagai hadiah dalam perayaan hubungan bilateral kedua negara, Dubes Lyudmila dan para staf Kedutaan Besar Rusia menyanyikan lagu 'Rayuan Pulau Kelapa' dalam bahasa Indonesia dan Rusia yang sudah diunggah di YouTube.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id