PM Kamboja Minta Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan Dirawat di Rumah

    Marcheilla Ariesta - 07 April 2021 14:36 WIB
    PM Kamboja Minta Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan Dirawat di Rumah
    PM Kamboja Hun Sen. (AFP)



    Phnom Penh: Perdana Menteri Kamboja Hun Sen memerintahkan pejabat kesehatan untuk bersiap merawat pasien virus korona (Covid-19) di rumah mereka masing-masing. Pasalnya, banyak rumah sakit di Kamboja sudah tidak mampu lagi menampung gelombang pasien Covid-19.

    Kasus infeksi covid-19 di negara itu mengalami lonjakan hingga lima kali lipat sejak akhir Februari lalu menjadi 2.824 kasus. Sebanyak 1.003 pasien saat ini dirawat di rumah sakit. Angka tersebut sudah mendekati kapasitas rumah sakit di negara itu.






    "Kami tidak dapt menerima semua pasien jika kasusnya meningkat lebih jauh," ucap Hun Sen, dilansir dari AFP, Rabu, 7 April 2021.

    "Saat ini jumlah orang yang pulih (dari Covid-19) lebih sedikit dari orang yang dirawat di rumah sakit," imbuhnya.

    Menurut dia, walaupun Kamboja menambah beberapa rumah sakit, kemungkinan belum akan cukup menampung gelombang saat ini. "Mereka yang memiliki kasus covid-19 ringan diharap untuk tetap di rumah untuk perawatan," katanya.

    Kementerian Kesehatan belum mengomentari mengenai perintah ini. Pemerintah telah membatasi perjalanan antar provinsi dan kota, melarang pertemuan besar dan memberlakukan jam malam di ibu kota Phnom Penh selama dua pekan mulai 1 April.

    Baca:  Kamboja Memulai Vaksinasi Covid-19 dengan Vaksin Donasi

    Kamboja mengesahkan undang-undang yang mengatur hukuman penjara lama untuk pelanggaran serius terhadap tindakan kesehatan.

    Hal ini mengharuskan orang untuk memindai kode Respon Cepat (QR) sebelum memasuki perusahaan. Human Rights Watch yang berbasis di New York mengatakan pencatatan informasi pribadi semacam itu akan membantu praktik pengawasan pemerintah.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id