Kemenlu Konfirmasi WNI di Singapura Meninggal akibat Korona

    Marcheilla Ariesta - 21 Maret 2020 13:02 WIB
    Kemenlu Konfirmasi WNI di Singapura Meninggal akibat Korona
    Pemandangan di salah satu situs ternama di Singapura. (Foto: AFP)
    Singapura: Seorang warga negara Indonesia di Singapura yang terinfeksi penyakit virus korona (covid-19) meninggal, Ini merupakan kasus WNI pertama yang meninggal karena virus korona di Negeri Singa Putih.

    "Seorang WNI laki-laki berusia 64 tahun yang terinfeksi covid-19 yang selama ini dirawat di Singapura telah meninggal dunia pada hari ini, Sabtu 21 Maret 2020," tutur Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha.

    Judha mengatakan sesuai dengan peraturan setempat mengenai privasi, KBRI Singapura melalui Kementerian Kesehatan Singapura memberikan nomor kontak kepada pihak keluarga. Nomor kontak ini dapat dihubungi jika keluarga memerlukan bantuan terkait pemulasaraan jenazah.

    WNI tersebut merupakan satu dari dua pasien pertama yang meninggal dunia di Negeri Singa. Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Singapura (MoH), keduanya meninggal dunia hari ini.

    "Pasien pertama adalah seorang perempuan warga Singapura berusia 75 tahun. Dia dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) pada 23 Februari untuk pneumonia, dan dipastikan menderita infeksi covid-19 pada hari yang sama," kata MoH dalam situsnya.

    Ia juga dirawat di unit perawatan intensif (ICU) sejak masuk ke NCID. Menurut MoH, pasien ini mengalami komplikasi serius dan mengembuskan napas terakhir setelah 26 hari dirawat.

    Sementara WNI yang meninggal diketahui pria 64 tahun yang juga dirawat di NCID pada 13 Maret.

    Baca: Dua Pasien Covid-19 di Singapura Meninggal, Salah Satunya WNI

    "Dia dirawat dalam kondisi kritis ke ICU di NCID pada 13 Maret, setelah tiba di Singapura dari Indonesia pada hari yang sama, dan dipastikan memiliki infeksi covid-19 pada 14 Maret," tutur mereka.

    WNI tersebut dilaporkan mengalami komplikasi serius karena pneumonia dan memiliki riwayat penyakit jantung.

    Per hari ini, total WNI yang terjangkit covid-19 berjumlah 47 orang, dengan 1 meninggal dan 10 sembuh. WNI yang terjangkit covid-19 di Singapura berjumlah 14 orang.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id