Menteri Brasil Dicemooh Terkait Kebakaran Hutan Amazon

    Fajar Nugraha - 23 Agustus 2019 08:23 WIB
    Menteri Brasil Dicemooh Terkait Kebakaran Hutan Amazon
    Menteri Lingkungan Brasil Ricardo Salles dicemooh oleh para demonstran. Foto: EPA.
    Brasilia: Menteri Lingkungan Brasil Ricardo Salles dicemooh saat menghadiri acara pertemuan puncak konvensi iklim.

    Baca juga: Hutan Amazon Kebakaran, Presiden Brasil Salahkan LSM.

    Video bermunculan ketika Salles diteriaki oleh para demonstran ketika naik ke podium di Pertemuan Iklim Amerika Latin dan Karibia di Kota Salvador, Brasil. Kebakaran di hutan Amazon telah memicu penolakan terhadap Salles.

    Pada Rabu, Presiden Jair Bolsonaro menuduh LSM disalahkan atas lonjakan api yang melala hutan hujan karena mereka kehilangan uang di bawah pemerintahannya. Tetapi Bolsonaro tidak memberikan bukti untuk klaimnya.

    Sementara Salles terbang di atas kobaran api di negara bagian Amazon, Mato Grosso. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa beberapa kebakaran itu "disengaja" dan yang lain "kebetulan".

    "Itu lebih kering, lebih hangat, dengan lebih banyak angin, dan ini memungkinkan penyebaran yang lebih besar," kata Salles, menurut surat kabar O Globo, seperti dikutip Guardian, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Para analis mengatakan Amazon telah menjadi masalah politik bagi Bolsonaro, yang ingin mengembangkan hutan hujan dan telah mengatakan kepada orang asing untuk mengurus bisnis mereka sendiri.

    NASA pun merilis foto-foto asap dan kebakaran di beberapa negara bagian Amazon, mengatakan bahwa sementara api adalah umum di bulan-bulan musim dingin yang lebih kering ini, “jumlah kebakaran mungkin yang tertinggi”. Kebakaran meningkat lebih dari 80 persen sejauh ini dibandingkan dengan tahun lalu, menurut lembaga penelitian luar angkasa Brasil.

    Para pemerhati lingkungan menyalahkan serangan Bolsonaro pada lembaga perlindungan lingkungan dan rencana untuk mengembangkan cagar alam asli yang dilindungi karena meradangnya deforestasi. Surat kabar Folha de São Paulo melaporkan bahwa di beberapa daerah petani berani dengan retorika Bolsonaro yang merencanakan "hari api" untuk membakar padang rumput dan daerah yang digunduli.
     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id