Administrasi Penerbangan Federal Larang Boeing 737 MAX Terbang

    Sonya Michaella - 14 Maret 2019 11:00 WIB
    Administrasi Penerbangan Federal Larang Boeing 737 MAX Terbang
    Boeing 737 MAX dilarang terbang. (Foto: AFP)
    Washington: Federal Aviation Administration (FAA) atau Administrasi Penerbangan Federal akhirnya melarang pesawat jenis Boeing 737 MAX terbang untuk sementara. Pelarangan ini terkait dengan jatuhnya pesawat Ethiophian Airlines yang menewaskan 157 orang.

    Jenis pesawat yang jatuh tersebut sama dengan jenis pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Indonesia, dan menewaskan 189 orang, yaitu Boeing 737 MAX 8.

    "Keputusan ini diambil setelah FAA menerima data baru, bukan karena adanya tekanan dari berbagai pihak," kata pejabat FAA, Daniel Elwell, dikutip dari CNBC, Kamis 14 Maret 2019.

    Keputusan FAA ini diapresiasi oleh Amerika Serikat yang baru saja menangguhkan izin operasional Boeing 737 MAX. Sebelumnya, sejumlah negara sudah mengeluarkan larangan terlebih dahulu seperti Tiongkok, India, Fiji, Kanada dan Indonesia.

    "Larangan ini kami pusatkan pada data. Kami tidak bisa melarang sebuah jenis pesawat untuk beroperasi jika tidak ada data yang jelas dan akurat mengapa jenis pesawat itu dilarang," ucap dia lagi.

    Elwell juga menegaskan bahwa larangan ini bukan dorongan dari Gedung Putih, melainkan berdasarkan data yang baru saja diterima FAA bebarengan dengan AS menetapkan larangan.

    "Jadi keputusan itu adalah perintah darurat untuk 'mendaratkan' pesawat dan itu adalah kewenangan saya di dalam FAA," ungkapnya.  





    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id