Bunuh Polisi Irak, Petinggi al-Qaeda Ditangkap di AS

    Arpan Rahman - 02 Februari 2020 17:05 WIB
    Bunuh Polisi Irak, Petinggi al-Qaeda Ditangkap di AS
    Pasukan Irak berpatroli di kota Fallujah, 18 Juni 2016. (Foto: AFP)
    Phoenix: Salah satu terduga petinggi grup teror al-Qaeda di Irak, Ali Yousif Ahmed al Nouri, telah ditangkap di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Ia menjadi buronan usai dituding membunuh dua polisi Irak pada 2006.

    Menurut keterangan Pemerintah Irak, al Nouri merupakan pemimpin al-Qaeda untuk kota Fallujah. Selama ini, al Nouri dikenal sebagai dalang di balik sejumlah serangan terhadap aparat kepolisian Irak.

    Seorang hakim Irak telah mengeluarkan surat penangkapan untuk al Nouri. Pemerintah Irak juga telah menyampaikan permohonan ekstradisi al Nouri kepada Kementerian Hukum AS.

    Dinukil dari Sky News, Sabtu 1 Februari 2020, al Nouri ditangkap pada Kamis kemarin oleh petugas gabungan dari Biro Investigasi Federal (FBI), Badan Keamanan Dalam Negeri, dan Dinas Marshall AS.

    Ia dan beberapa terduga anggota al-Qaeda lainnya dituding telah menembak dan membunuh seorang letnan polisi di Fallujah pada Juni 2006. Satu polisi lainnya juga tewas dibunuh pada Oktober 2006.

    Kantor Kejaksaan AS Distrik Arizona menyatakan bahwa detail-detail terkait al Nouri di dalam dokumen Pemerintah Irak sejauh ini belum terbukti di pengadilan.

    Permohonan ekstradisi al Nouri harus terlebih dahulu disepakati di level pengadilan AS. Setelah itu, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo akan memutuskan apakah al Nouri diekstradisi atau tidak.

    Otoritas AS tidak menyebutkan informasi mengenai kapan dan bagaimana al Nouri bisa masuk ke Negeri Paman Sam.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id