Menlu Dorong Dunia Internasional Fokus Lawan Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 17 April 2020 21:52 WIB
    Menlu Dorong Dunia Internasional Fokus Lawan Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi meminta semua pihak tetap berkonsentrasi melawan virus korona (covid-19). Hal itu disampaikan dalam merespons perseteruan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

    "Untuk saat ini, akan lebih baik apabila kita memfokuskan energi kita guna melawan penyebaran covid-19," kata Retno, Jumat 17 April 2020.






    Menurut dia, pernyataan itu sudah disampaikan kepada menlu lain yang terbangun dalam aliansi multilateralisme. Retno menegaskan setiap negara harus mendukung WHO dalam perang melawan covid-19.

    Sebagai platform kerja sama antarnegara, WHO dibutuhkan untuk tempat berbagi informasi dalam mencegah dan merespons darurat kesehatan. Retno menambahkan dukungan multilateralisme dalam situasi ini sangat penting.

    "Dalam berbagai forum multilateral, Indonesia terus menyuarakan multilateral global melawan covid-19," tutur dia.

    Menlu dua periode ini menuturkan Indonesia berpartisipasi dalam WHO Solidarity Trial. Hal ini merupakan kerja sama tes klinis terhadap obat yang dicoba untuk meringankan kasus covid-19.

    "Kita lakukan penggunaan obat kepada pasien untuk dilihat yang paling efektif untuk pengobatan covid-19. Ini melibatkan 90 negara dan Indonesia menjadi bagian dari WHO Solidarity Trial itu," imbuh dia.

    Baca: Dukung Trump, Politisi Partai Republik Desak Dirjen WHO Mundur

    Di sisi lain, Presiden Trump mengatakan akan menyetop anggaran kontribusi terhadap WHO. Dia beralasan WHO membuat kesalahan dalam mengantisipasi covid-19. WHO dianggap menutup-nutupi penanganan virus berbahaya itu.

    "Hari ini saya menginstruksikan pemerintahan saya untuk menahan pendanaan WHO selagi meninjau peran WHO dalam buruknya mismanajemen dan menutupi penyebaran Virus corona, covid-19. Semua orang tahu apa yang terjadi di sana," seru Trump, Rabu, 15 April 2020.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id