Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris

    Willy Haryono - 01 Juni 2019 11:04 WIB
    Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris
    Donald Trump (kanan) dan Boris Johnson. (Foto: AFP/Getty)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menilai Boris Johnson akan menjadi pilihan "luar biasa" untuk mengisi jabatan ketua Partai Konservatif Inggris sekaligus Perdana Menteri.

    Dalam wawancara dengan media The Sun menjelang kunjungannya ke Inggris, Trump menyebut "Boris akan dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik."

    Ia mengklaim sejumlah tokoh dukungannya menantikan dalam perhelatan apapun. "Saya dapat membantu siapapun," ungkap Trump, dilansir dari laman BBC, Sabtu 1 Juni 2019.

    Pernyataan Trump muncul saat Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid menyatakan niatnya untuk menjadi salah satu calon PM Inggris pengganti Theresa May. Javid mengaku siap menghadirkan Brexit tanpa perjanjian apapun.

    Brexit, atau Britain Exit, adalah istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa.

    Menjelang lawatannya ke Inggris, Trump mengaku telah mengamati perkembangan dunia politik di Inggris, termasuk soal Brexit dan Partai Konservatif Inggris atau biasa juga disebut Tory. 

    "Sebenarnya saya mempelajari (dunia perpolitikan Inggris) dengan seksama. Saya tahu ada beberapa tokoh di sana. Tapi saya rasa Boris akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Saya yakin dia akan menjadi pemimpin hebat. Saya suka dia, selalu suka dia," sebut Trump.

    "Saya tidak tahu apakah dia akan terpilih, tapi saya rasa dia adalah pria yang sangat baik dan berbakat," sambungnya.

    Saat ditanya apakah ada kandidat lain yang dinilai baik, Trump menjawab Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt. "Iya, saya juga menyukainya," ucap Trump.

    Sejauh ini sudah ada sembilan tokoh yang mencalonkan diri untuk posisi PM Inggris. 

    Lima tokoh awal yang menyatakan niatnya adalah Menlu Jeremy Hunt; Menteri Perkembangan Internasional Rory Stewart; Menteri Kesehatan Matt Hancock, mantan Menlu Inggris Boris Johnson; dan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Pensiun Esther McVey.

    Empat tokoh lainnya adalah mantan anggota kabinet Dominic Raab dan Andrea Leadsom; Menteri Muda Brexit James Cleverly; dan Mendagri Sajid Javid.

    Baca: Menteri Muda Brexit Ajukan Diri ke Pemilihan PM Inggris



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id