Bendungan Mississippi Runtuh, Warga Diminta Tinggalkan Rumah

    Arpan Rahman - 16 Januari 2020 17:12 WIB
    Bendungan Mississippi Runtuh, Warga Diminta Tinggalkan Rumah
    Bendungan Danau Oktibbeha di Mississippi, Amerika Serikat (AS) terancam jebol. Foto: The Weather Channel
    Mississippi: Ratusan orang didesak untuk mengungsi ketika pihak berwenang memperingatkan bendungan Mississippi, Amerika Sertikat (AS) berada di ambang ‘kehancuran segera’.

    Bendungan Danau Oktibbeha County di timur negara bagian Amerika Serikat itu terancam akan meluap setelah hujan lebat pekan lalu menyebabkan debit Sungai Mississippi naik jauh di atas tingkat normal. Banjir diperkirakan akan segera terjadi.

    Jika bendungan jebol, itu akan membanjiri 17.400 hektar lahan di sekitarnya dan dapat mempengaruhi lebih dari 250 penduduk.

    "Bendungan Danau Oktibbeha County berada dalam bahaya gagal," Badan Cuaca Nasional memperingatkan. "Orang-orang di daerah ini harus mengungsi dan mencari tempat yang lebih tinggi!"

    Pada Selasa, pejabat Oktibbeha County mendesak ratusan penduduk di sekitar bendungan agar mengungsi ketika Korps Insinyur Angkatan Darat AS menutup gerbang Steele Bayou Control Structure karena tingginya air.

    Insinyur Clyde Pritchard berkata kepada surat kabar lokal The Dispatch bahwa bendungan itu naik sembilan kaki dalam tiga hari, dan bahwa mereka tidak memiliki cara untuk mengendalikan ketinggian air.

    "Kami saat ini mengalami tingkat air yang lebih tinggi dari normal di seluruh wilayah," kata Komandan Distrik Vicksburg Robert Hilliard dalam sebuah pernyataan.

    "Kami telah mengaktifkan Pusat Operasi Darurat kami untuk memantau arus ramalan dan dampaknya terhadap infrastruktur kami. Petugas distrik telah siaga dan akan terus bekerja dengan mitra lokal, negara bagian, dan federal," bubuhnya, disiarkan dari The Sun, Kamis, 16 Januari 2020.

    Pejabat daerah terlihat menggunakan pipa untuk mencoba mengurangi tekanan pada bendungan.


    Dijaga ketat


    Penjagaan darurat sekarang berlaku saat pihak berwenang memantau dengan cermat ramalan cuaca untuk daerah tersebut. Setengah inci hujan atau lebih diperkirakan turun pada Rabu.

    Direktur Manajemen Darurat Kabupaten, Kristen Campanella baru-baru ini mengatakan kepada The Dispatch bahwa Bendungan Dana Oktibbeha County sangat membutuhkan perbaikan. Namun negara bagian itu tidak dapat memperoleh USD8 juta setara Rp109 miliar dana yang dibutuhkan.

    Terjadi adegan dramatis pada Selasa ketika banjir bandang mengancam rumah dan kehidupan di Jackson, Mississippi, dan daerah sekitarnya.

    Hujan setinggi hingga lima inci direkam pada pertengahan sore, mencatat rekor hujan paling banyak turun dalam satu hari di Jackson, Meridian, dan Vicksburg.

    Setidaknya 20 orang harus diselamatkan dari kompleks apartemen karena banjir. Petugas pemadam kebakaran tiba dengan perahu untuk membawa orang ke tempat yang aman.

    Cuaca buruk diperkirakan di seluruh wilayah dalam beberapa hari mendatang, dengan hujan lebat dan badai juga diperkirakan turun di timur laut Louisiana, Arkansas tenggara, dan bagian utara Mississippi tengah.

    Setidaknya 11 orang tewas dan 500 rumah hancur ketika badai hebat menghantam Midwest dan Selatan pekan lalu.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id